Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di ICD 2017, Dua Komunitas Terbaik Akan Mendapat "Community Award"

Kompas.com - 26/04/2017, 07:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Komunitas memiliki peranan penting dalam sebuah gerakan menyebarkan hal hal positif di masyarakat. Oleh karena itulah dalam Indonesia Community Day (ICD) yang akan dilaksanakan pada 13 Mei mendatang, akan ada pemberian penghargaan untuk komunitas yang berkontribusi positif bagi masyarakat.

Dalam ICD 2017 ini akan ada dua kategori pemberian penghargaan pada komunitas, yakni Best Inspiring Community dan Best Kompasiana Community.

Menurut Nurulloh, Assistant Manager Content & Product Kompasiana, community award ini diberikan sebagai penyemangat dan apresiasi atas kontribusi mereka terhadap negeri serta gerakan yang mereka inisiasi sangat bermanfaat bagi khalayak.

"Kriteria umumnya tentu award akan diberikan kepada komunitas yang aktif dan berkontibusi dengan cara-cara yang kreatif serta positif. Selebihnya hanya kriteria administratif atau pendukung saja," kata Nurulloh melalui keterangan resminya.

Ia menambahkan bahwa untuk pemberian penghargaan pada komunitas di ICD 2017 ini adalah yang pertama kalinya. Kendati demikian, pemberian penghargaan pada komunitas yang telah berinteraksi di Kompasiana sudah kesekian kalinya.

"Community award di ICD ini akan kami persembahkan kepada komunitas terbaik di tiap tahunnya," lanjutnya.

Acara Indonesia Comunity Day (ICD) 2017 sendiri akan digelar pada 13 Mei di Plasa Pasar Ngasem, Yogyakarta. Acara yang diinisiasi oleh Kompasiana bekerja sama dengan Tribun Jogja ini memang dibuat sebagai wadah antar pegiat komunitas berbasis online dan offline untuk saling berbagi inspirasi kepada masyarakat.

Melalui acara ini, komunitas yang hadir diharapkan mampu menyebarkan konten-konten positif bagi masyarakat. Pada hari pelaksanaan, akan ada sekitar 22 booth komunitas yang akan hadir. Di booth ini nantinya komunitas tersebut dapat mempertontonkan kebolehannya di depan para peserta.

Indonesia Community Day 2017 memang didedikasikan sebagai kegiatan kumpul komunitas se-Indonesia. Komunitas yang terbentuk di Kompasiana maupun komunitas di luar Kompasiana dapat berpartisipasi dalam acara ini tanpa pungutan biaya. Bukan hanya komunitas, peserta personal pun dapat mendaftarkan diri mereka tanpa ada pungutan biaya.

Khusus untuk peserta, bagi 1.000 pendaftar pertama akan mendapatkan merchandise eksklusif dari Kompasiana. Peserta juga dapat menambah wawasan lewat berbagai kebolehan komunitas yang hadir dalam acara ICD 2017 ini.

Penyelenggaraan Indonesia Community Day ini diharapkan bisa menjadi penyemangat bagi seluruh komunitas yang ada di Indonesia untuk terus berkontribusi positif kepada masyarakat, sekaligus menjadi perangsang buat masyarakat untuk turut berkontibusi melalui komunitas ataupun melalui individu.

Segera daftarkan diri Anda ataupun komunitas Anda untuk menjadi saksi sejarah pesta komunitas terbesar di Indonesia dengan mengunjungi microsite ICD 2017 http://microsite.kompasiana.com/icd. (Diaz Abraham/Tim Kompasiana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com