Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala BNN Ajak TNI Perangi Narkoba yang Jadi Musuh Negara

Kompas.com - 22/04/2017, 07:30 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso meminta peran TNI dalam pemberantasan kasus narkoba di Indonesia. Sebab, menurutnya, narkoba sudah menjadi ancaman terhadap negara.

"Karena kan Bapak Presiden sudah menyampaikan negara dalam kondisi darurat (narkoba) dan perang. Perang itu adalah tugas TNI," kata Budi dalam Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Markas Divisi Infanteri 2 Kostrad, Singosari, Kabupaten Malang, Jumat (21/4/2017).

Budi Waseso menjelaskan, nantinya akan ada peran yang menjadi tugas TNI dalam memberantas narkoba. Begitu juga dengan peran yang harus dilakukan oleh Polri dan BNN.

Baca:BNN: 11 Negara Suplai Sabu ke Indonesia

Jika Polri dan BNN lebih pada penegakan pelanggaran hukum melalui alat bukti, TNI lebih menempatkan pelaku narkoba, khususnya bandar sebagai musuh negara.

"Pemberantasan dikaitkan dengan tugas TNI, maka bandar narkotika itu tidak pada posisi melanggar hukum, tapi musuh negara. Ancaman terhadap negara," ungkapnya.

Tidak hanya itu, Bintara Bina Desa atau Babinsa yang dimiliki TNI juga dapat mensosialisasikan kepada masyarakat tentang bahaya narkoba dan ancamannya terhadap negara.

Baca: Bandar Narkoba Incar Dunia Hiburan, BNN Dekati Para Artis

Dikatakannya, perang saat ini tidak perlu menggunakan senjata yang canggih. Cukup dengan narkoba, suatu negara sudah bisa dikalahkan.

"Sekarang ini, untuk menghancurkan Indonesia tidak perlu dengan angkatan. Karena jika dengan angkatan akan frontal," ungkapnya.

Kompas TV Edarkan Narkoba Dalam Lapas, 6 Napi Ini Diringkus
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com