Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei Media: Sri Mulyani "Top Influencer" 2017

Kompas.com - 21/04/2017, 20:08 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Indonesia Indicator (I2) merilis tokoh perempuan yang menjadi "top influencer" di 2017. Penilaian ini didasarkan pada 14 juta berita yang diwartakan 1.525 media online di Indonesia sepanjang 1 Mei 2016 sampai 16 April 2017.

Influencer dapat dikatakanpihak yang berpengaruh karena penyataannya disebarluaskan oleh media, dan berpotensi membentuk opini publik,” ujar Direktur Komunikasi I2 Rustika Herlambang dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (21/4/2017).

Setahun terakhir, sambung Rustika, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tercatat sebagai top influencer, alias figur yang paling banyak dikutip pernyataannya di media.

Nama Sri Mulyani juga baru meroket di tahun ini. Dari sebanyak 14 juta pemberitaan 1.525 media online tersebut, pernyataan Sri Mulyani Indrawati paling banyak dikutip di seluruh media berbahasa Indonesia, yakni mencapai 99.218 pernyataan.

Posisi top influencer kedua ditempati Retno Marsudi dengan 70.155 pernyataan. Posisi ketiga ditempati Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dengan 59.950 pernyataan, dan posisi keempat ditempati Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti 52.499 pernyataan.

(Baca juga: Ini Wali Kota dan Bupati Termasyhur 2016 Versi Indonesia Indicator)

Tokoh perempuan lainnya yang masuk 10 besar influencer media berturut-turut adalah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (47.533 pernyataan), dan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (40.820 pernyataan).

Lalu ada Jubir KPK Yuyuk Andrianti 38.526, Menteri BUMN Rini Soemarno (33.110 pernyataan), Kabid Humas Polda Sumatra Utara Rina Sari Ginting (29.975 pernyataan), serta Menko PMK Puan Maharani (26.107 pernyataan).

“Munculnya nama-nama baru serta peningkatan jumlah perempuan dalam daftar orang paling berpengaruh dalam memberikan wacana di media patut diapresiasi. Ruang publik, setidaknya ruang pemberitaan di media semakin konsisten berupaya meningkatkan akses bagi perempuan,” ungkap Rustika.

Rustika mengungkapkan, upaya perempuan menembus paper ceiling atau tantangan agar media memberikan ruang dan mengutip pernyataan dari tokoh perempuan, di tahun ini terlihat lebih baik dari tahun lalu.

Dari hasil riset I2, 2016 lalu, pada penelurusan 100 nama teratas, hanya terdapat 5 orang perempuan. Sedangkan di tahun ini, jumlah tersebut meningkat menjadi 12 orang.

Didominasi Artis

I2 juga melakukan riset terhadap 165 figur perempuan dari 2500 urutan nama yang paling banyak diberitakan media berdasarkan profesinya.

Meskipun urutan teratas influencer didominasi pejabat, namun dari sisi jumlah, profesi artis menyumpang jumlah lebih banyak. Dari 165 nama tersebut, 50 nama di antaranya adalah nama artis.

(Baca juga: 10 Figur Perempuan yang Mendominasi Pemberitaan di Indonesia)

Temuan ini juga menunjukkan bahwa perempuan dalam dunia hiburan masih mendapatkan porsi terbanyak. “Julia Perez merupakan figur artis perempuan dengan pernyataan paling banyak dikutip oleh media,” tutur Rustika. 

Posisinya tepat di bawah Sylviana Murni, yakni di urutan ke-14 dari seluruh figur perempuan yang paling banyak dikutip oleh media.

Dua artis lain yang pernyataannya paling banyak dikutip adalah Nikita Mirzani dan Ayu Ting-Ting. Ketiga nama ini masuk dalam daftar 25 top influencers.

Kompas TV Menteri Susi  â??Cubit Gemasâ?? Menkeu Sri Mulyani
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com