Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Temukan Mayat Bayi Perempuan di Masjid di Gunungkidul

Kompas.com - 21/04/2017, 09:49 WIB
Markus Yuwono

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Warga Dusun Logandeng, Desa Logandeng, Kecamatan Playen, Gunungkidul, Yogyakarta, dihebohkan penemuan mayat bayi berjenis kelamin perempuan di kamar mandi Masjid Nurul Hadi, Jumat (21/04/2017).

Kepala Desa Logandeng, Suhardi menyebutkan, bayi itu pertama kali ditemukan pengurus masjid Yayuk yang hendak membersihkan masjid sekitar pukul 05.20 WIB. Saat memasuki kamar mandi, ada bungkusan plastik warna hitam.

"Saat membersihkan masjid, bu Yayuk melihat bungkusan plastik besar di sekitar kamar mandi, setelah dibuka isinya bayi perempuan yang sudah meninggal," katanya.

Yayuk lantas menghubungi dirinya, kemudian dilanjutkan ke Polsek Playen. Petugas kepolisian yang datang bersama petugas medis dari Puskesmas Playen 1 langsung melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).  

"Tadi bayi sudah dimandikan. Akan kami rawat dan makamkan di makam desa," ujarnya.

Sementara itu, dokter Puskesmas 1 Playen, Jolanda Barahama mengatakan, berdasarkan pemeriksaan luar,  bayi perempuan ini lahir saat usia kandungan 6 sampai 7 bulan. Hal itu terlihat dari bobot bayi yang kurang dari 1 kilogram.

"Bayinya berjenis kelamin perempuan, lengkap dengan ari-ari diperkirakan meninggal karena kehabisan oksigen saat dimasukkan kedalam tas," katanya.

Dari pantauan, puluhan warga masih berada di lokasi, sementara lokasi penemuan jenasah dibersihkan warga setempat. Warga rencananya akan segera memakamkan bayi malang tersebut.  Jenazah bayi masih disemayamkan di masjid dan sudah diberikan kain kafan.

Baca juga: Kondisi Membaik, Bayi Kembar Devina-Devani Bisa Pulang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com