Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Mobilisasi Massa ke Jakarta, Polresta Bogor Lakukan Penyekatan

Kompas.com - 19/04/2017, 05:30 WIB
Kompas TV Sehari menjelang pemilihan gubernur DKI Jakarta putaran kedua, pengamanan oleh personel TNI mulai diperketat.


BOGOR, KOMPAS.com -
Polresta Bogor Kota, Polda Jawa Barat melakukan upaya khusus penyekatan mobilisasi massa di wilayahnya dalam rangka mendukung penyelenggaraan Pilkada DKI Jakarta putaran kedua aman, damai, dan lancar.

"Penyekatan ini dilakukan untuk mengantisipasi mobilisasi massa menuju Jakarta yang tidak jelas tujuannya apa, dan mau kemana," kata Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya, di sela-sela patroli di Stasiun Bogor, Selasa (18/4/2017).

Untuk melakukan penyekatan, Polresta Bogor Kota bersama unsur TNI mengerahkan personel ke sejumlah titik seperti Terminal Baranangsiang, Stasiun Besar Bogor, dan gerbang tol yang ada di wilayah Kota Bogor.

Baca juga: Pilkada Berkeadaban

Personel dikerahkan untuk melakukan pengamanan serta penyekatan mobilisasi massa yang hendak bergerak ke Jakarta tanpa ada alasan kuat.

Upaya tersebut lanjutnya, sesuai dengan instruksi Kapolri, Polda Metro Jaya yang ditindaklanjuti oleh terbitnya Maklumat Kapolda Jawa Barat.

"Sudah dijelaskan oleh Kapolri, Polda Metro, dan Kapolda juga mengeluarkan maklumat, upaya melakukan penyekatan, sebagai langkah antisipasi. Patut dicurigakan mereka yang bergerak secara berbondong-bondong ke Jakarta dalam rangka apa," kata Ulung.

Menurut Ulung, apabila ada kelompok massa bergerak ke Jakarta tanpa tahu keperluannya apa, akan diarahkan untuk kembali pulang dan tidak diizinkan melanjutkan perjalanan menuju Jakarta.

Ulung menyebutkan jajaran Polresta Bogor Kota siap mendukung pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta putara kedua berlangsung aman, lancar dan damai melalui upaya khusus tersebut.

Selain melakukan penyekatan di sejumlah titik, jajaran Satlantas Polresta Bogor Kota juga melaksanakan operasi cipta kondisi dalam rangka memeriksa kendaraan-kendaraan di jalur Bogor menuju Jakarta, guna mengantisipasi mobilisasi massa ke Jakarta sebelum pencoblosan berlangsung.

Sebelumnya, Senin (17/4/2017) kemarin jajaran Korem 061/Suryakancana telah mengirimkan 330 prajuritnya untuk membantu pengamanan pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta putaran kedua bergabung bersama pasukan pengamanan dibawah komando Kodam Jaya.

Baca juga: Putaran 2 Pilkada DKI, 2.600 Aparat Jaga Perbatasan Bogor-Jakarta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com