Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panut Mulyono Terpilih sebagai Rektor UGM

Kompas.com - 17/04/2017, 15:41 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dekan Fakultas Teknik Panut Mulyono terpilih sebagai Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) yang baru, Senin (17/4/2017) pagi.

Panut terpilih menjadi rektor untuk periode 2017-2022 setelah melalui pemungutan suara di Majelis Wali Amanat (MWA).

"Saya mohon doa kepada Bapak-bapak dan Ibu-ibu agar nantinya bisa menjalankan amanah yang sangat berat ini. Tentunya untuk kemajuan UGM, bangsa dan negara," ujarnya dalam jumpa pers di Balai Senat UGM.

Panut menyampaikan, langkah utamanya ke depan adalah pembenahan ke dalam dengan meneruskan program yang telah dirancang dan dilakukan oleh Rektor UGM sebelumnya, Dwikorita Karnawati.

Selain itu juga, dia akan meningkatkan penelitian agar lebih besar berkontribusi bagi kemajuan masyarakat, bangsa dan negara.

"Ke depan harapan saya, UGM tidak hanya masuk ke 500 universitas terbaik di dunia tetapi bisa lebih dari itu," pungkasnya.

Sebelumnya, ada tiga bakal calon Rektor UGM yang dinyatakan lolos seleksi di tingkat Senat Akademik (SA) yakni Dekan Fakultas Teknik Panut Mulyono, Dekan Fakultas Peternakan Ali Agus, dan Dekan Fakultas Fisipol Erwan Agus Purwanto.

Ketiga calon rektor sebelumnya menjalani proses seleksi, dimulai dengan mempresentasikan visi, misi dan program kerja di hadapan MWA yang diketuai oleh Prof Pratikno lalu menjawab pertanyaan yang diberikan sebelum voting digelar.

Voting berlangsung sampai tiga tahap. Panut sempat unggul pada tahap voting pertama dengan 11 suara, namun Ali dan Erwan sama-sama mendapatkan 7 suara.

MWA kembali melakukan voting untuk menentukan pendamping Panut pada voting tahap berikutnya. Pada voting tahap kedua ini, Ali unggul dengan 13 suara. Pada voting tahap ketiga yang dilakukan oleh MWA, Panut unggul dengan 15 suara.

Dalam pemilihan Rektor UGM, Pratikno, Budi Karya, dan Basoeki Hadimuljono hadir sebagai anggota MWA. Turut hadir pula, Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Soffian Effendi dan Sri Sultan HB X.

(Baca juga: Rektor UGM Pimpin Tim Mitigasi ke Lokasi Longsor di Ponorogo)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com