Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembebasan Lahan Jalur Lintas Selatan di Banyuwangi Hampir 100 Persen Rampung

Kompas.com - 10/04/2017, 16:44 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI,KOMPAS.com - Pembebasan lahan di Banyuwangi untuk jalur lintas selatan hampir mencapai 100 persen. Jalur tersebut melintasi Perkebunan Malangsari Kalibaru, Kendeng Lembu Glenmore, Genteng, Rogojampi, Srono, Singojuruh, Kabat, Banyuwangi, Giri, dan Kalipuro sepanjang 106 kilometer.

"Pembebasan lahan hampir 100 persen tinggal pembebasan lahan di kantong kanan dan kiri di tanah milik perkebunan di Glenmore. Tapi sudah siap oke semua," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kepada Kompas.com Senin (10/4/2017).

Anas berharap, pembangunan jalur lintas selatan menjadi prioritas pemerintah nasional terutama daerah yang sudah selesai masalah pembebasan lahan seperti di Kabupaten Banyuwangi.

"Saya setuju jika pemerintah nasional memprioritaskan Indonesia bagian timur karena di sana banyak yang tertinggal tapi program yang sudah jalan seperti jalur lintas selatan harapannya juga juga segera diselesaikan," kata Anas.

Sebelumnya, pada Oktober 2016 lalu, lahan yang belum dibebaskan sepanjang 24 kilometer termasuk jalur yang ada di Kecamatan Glenmore Banyuwangi agar bisa tersambung hingga Jember sepanjang 14 kilometer.

Ada tujuh jembatan yang sudah dibangun serta 9 jembatan yang masih proses pembangunan. JLS di Jawa Timur melintas sejumlah daerah dari Banyuwangi hingga Pacitan sepanjang lebih dari 670 kilometer. Jalur ini ditargetkan sudah bisa dioperasikan pada 2019. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com