Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Dian Sastro, Membalikkan Ember Penting untuk Jaga Kesehatan

Kompas.com - 06/04/2017, 14:59 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Aktris Dian Sastrowardoyo menambah 1 huruf "M" cara mengurangi perkembangbiakan jentik nyamuk demam berdarah.

Selain menutup, menguras, dan mengubur, huruf M terakhir adalah membalik ember. Kata Dian Sastro, membalikkan ember adalah kebiasaan remeh, namun dinilai penting dan perlu diperhatikan oleh semua ibu rumah tangga.

"Hidup sehat perlu dimulai dari hal-hal remeh seperti membalikkan ember," katanya saat konfrensi pers di Surabaya, Kamis (6/4/2017).

Baca juga: Mahasiswa UGM Temukan Pare Bisa Bunuh Jentik Nyamuk DBD

Air sedikit pun yang masih menggenang di ember bekas cucian atau mandi, menurutnya, berpotensi menjadi tempat kembang biak nyamuk demam berdarah.

"Kita tidak tahu, penyakit apa yang dibawa nyamuk tersebut. Yang pasti akan mengancam orang-orang yang kita sayangi di rumah," terangnya.

Pemeran Cinta dalam film "Ada Apa Dengan Cinta" itu ditunjuk sebagi Brand Ambassador kampanye "Balikkan Ember" oleh salah satu produsen obat nyamuk.

Dalam kampanye tersebut, Dian Sastro mengajak para ibu rumah tangga untuk tidak lupa membalikkan ember sebagai upaya mengurangi perkembangbiakan nyamuk demam berdarah.

Baca juga: Bocah SD Meninggal akibat DBD, Keluarga Salahkan RS dan Dokter

Dia juga mengajak para ibu rumah tangga untuk bergabung dalam gerakan kampanye kesehatan tersebut dengan mengunggah foto sedang menginjak ember dalam posisi terbalik di media sosial dengan tagar #BalikkanEmber.

Kompas TV Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Airlangga, Surabaya, Ketut Sudiarta, dicopot dari jabatannya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com