Penelusuran Suku Mante Baru Sebatas Analisa Video - Kompas.com

Penelusuran Suku Mante Baru Sebatas Analisa Video

Kompas.com - 04/04/2017, 06:07 WIB
dok.YouTube Media sosial dihebohkan dengan penampakan manusia kecil yang ditemukan pemotor trail di pedalaman Aceh. Penemuan orang yang diduga Suku Mante itu diunggah di YouTube oleh akun bernama HZTN.

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah Aceh, Mulyadi Nurdin menyebutkan, penelusuran terkait keberadaan suku Mante yang menjadi viral akhir-akhir ini baru sebatas menganalisa isi video yang diunggah ke laman media sosial oleh netizen.

“Sejauh ini yang sudah bekerja tim analisis media. Mereka mencari informasi kebenaran isi video itu secara mendalam. Yang lainnya, masih dalam proses,” sebut Mulyadi, Senin (4/5/2017).

Dia mengatakan, tim analisis video itu berada di bawah Biro Humas Pemerintah Aceh.

Baca juga: Pencari Getah Gaharu Ini Mengaku Pernah Melihat Suku Mante

Saat ditanya, apakah sudah melibatkan polisi dalam penelusuran suku Mante? Mulyadi menyatakan sejauh ini belum ada pelibatan polisi.

“Sejauh ini secara resmi belum ada pelibatan polisi,” katanya.

Sebelumnya Gubernur Aceh, Zaini Abdullah menyatakan, Pemerintah Aceh membentuk tim untuk menelusuri keberadaan suku yang diyakini asal muasal warga Aceh itu.

“Sudah dibentuk timnya untuk menelusuri, karena ini menyangkut sejarah Aceh sangat banyak,” kata Zaini di Kantor Wapres, Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Baca selengkapnya: Gubernur Aceh Bentuk Tim untuk Cari Suku Mante

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam video yang diunggah ke media sosial, saat para trailer melintas di kawasan hutan Aceh Besar terlihat pria berbadan kecil yang diduga suku Mante.

Sejauh ini, belum ada pihak yang bisa memastikan benarkah video tersebut suku Mante yang diyakini sebagai suku asli mendiami Provinsi Aceh.

Baca juga: Soal Suku Mante, Ini Kata Sejarawan Aceh

Kompas TV Pemerintah Aceh MAsih telusuri Keberadaan Suku Mante


EditorErlangga Djumena

Terkini Lainnya


Close Ads X