Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pesan Ayah Ganjar Pranowo kepada Anak-anaknya

Kompas.com - 03/04/2017, 13:39 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

SLEMAN, KOMPAS.com - Di mata keluarga almarhum S Parmudji, ayah dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo merupakan sosok yang tegas, apa adanya, dan jujur. Parmudji juga selalu mengingatkan anak-anaknya untuk selalu jujur.

"Bapak itu tidak punya riwayat sakit, hanya memang beberapa bulan kemarin sesak nafas," ujar Kunto, anak pertama dari almarhum S Parmudji saat ditemui di ruang Forensik RSUP, Dr Sardjito Yogyakarta, Senin (03/04/2017).

Kunto menuturkan, awalnya ayahnya dirawat di RSUD Purworejo selama dua minggu. Setelah itu dirujuk ke RSUP Dr Sardjito Yogyakarta.

"Dua minggu di RSUD Purworejo, lalu di minta ke RSUP Dr Sardjito Yogyakarta yang alatnya lebih lengkap," tuturnya.

Setelah dirawat selama 42 hari di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta,  sang ayah menghembuskan nafas terakhirnya pagi ini.

"Pagi tadi sekitar pukul 09.15 WIB," tuturnya.

Menurut kakak Ganjar Pranowo itu, ayahnya merupakan pribadi yang tegas dan jujur. Almarhum semasa hidupnya juga apa adanya.

"Dari dulu pesan beliau ke anak-anaknya adalah jujur, apa adanya dan satu hal lagi, sebagai orang Jawa itu harus "Ngilo Githoke", disuruh lihat diri kita sendiri, berkaca," ucapnya.

Almarhum Parmudji meninggalkan enam anak dan 17 Cucu. Selain itu almarhum juga meninggalkan 5 orang cicit.

"Rencananya akan dimakamkan di pemakaman Desa Kemawung, Kutoarjo, Jawa Tengah," tuturnya.

Sementara itu, sekitar pukul 12.30 WIB, jenazah diberangkatkan dari RSUP Dr Sardjito Yogyakarta menuju Kutoarjo Jawa Tengah dengan menggunakan mobil jenazah.

Tampak hadir di ruang Forensik RSUP Dr Satdjito, Kerabat Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, GBPH Yudhaningrat, mantan Wakil Bupati Sleman Yuni Satia Rahayu dan beberapa pengurus DPD PDI-P DIY.

Seperti diberitakan sebelumnya S Parmudji (87) Ayah dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meninggal dunia pada Senin (03/04/2017) di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta pada pukul 09.15 Wib. Almarhum S Parmudji sebelumnya dirawat di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta sejak 21 Februari 2017 lalu. 

Baca juga: Ayahanda Ganjar Pranowo Wafat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com