Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramainya Pengunjung Beri Makan Rusa Totol di Istana Bogor pada Hari Libur

Kompas.com - 31/03/2017, 21:17 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Kawasan Istana Bogor di pusat Kota Hujan ini kerap diserbu pengunjung, baik dari Bogor maupun luar kota, setiap akhir pekan atau saat hari libur tiba.

Pengunjung biasanya menikmati alam sambil memberi makan ke rusa-rusa totol yang ada di kawasan itu dari balik pagar karena memang tidak diperbolehkan masuk ke dalam kawasan Istana Bogor.

Biasanya, pengunjung menyuapi rusa-rusa totol tersebut dengan wortel yang dijajakan bebas oleh penjual di pinggir jalan.

Pada akhir pekan, wortel biasanya dijual Rp 1.000 per ikat. Namun, pada hari libur khusus, harga wortel mencapai Rp 2.000 per ikat atau Rp 5.000 per tiga ikat.

Asep, warga Bogor, mengaku sengaja datang ke Istana Bogor bersama anaknya pada hari libur Nyepi, Selasa (28/3/2017), hanya untuk melihat rusa totol.

Menurut Asep, ini adalah salah satu bentuk liburan hemat sebab tidak butuh biaya besar. Cukup beli atau bawa wortel, lanjut dia, mereka sudah bisa memberi makan rusa-rusa totol di sekitar Istana Bogor.

"Saya sering ajak keluarga tiap akhir pekan dan hari libur ke sini. Ya, murah. Apalagi saya tinggal di Bogor, jadi terjangkaulah. Cukup beli wortel aja. Kalau liburan ke Puncak kan jauh, belum lagi macetnya," tutur Asep.

Selain itu, dia mengaku juga bisa mengajarkan tentang alam dan hewan kepada anaknya melalui aktivitas murah meriah ini.

Dikutip dari berita Kompas.com pada 2010, Junaidi, tenaga staf protokoler Istana Bogor pada saat itu, bercerita bahwa rusa-rusa totol asal Nepal atau chital itu didatangkan dari Nepal pada tahun 1808 oleh Gubernur Jenderal Belanda yang memimpin saat itu.

Rusa-rusa tersebut sengaja didatangkan untuk menghiasi halaman Istana Bogor yang dulunya merupakan tempat peristirahatan 38 gubernur jenderal Belanda. Saat itu, jumlah rusa totol hanya sebanyak enam ekor saja.

"Awalnya, gubernur hanya membawa enam ekor rusa, lalu berkembang biak hingga kini mencapai 860 ekor," katanya saat memandu warga yang berkunjung.

(Baca juga: 860 Rusa Totol Huni Istana Bogor)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com