Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan Keras Diduga Bom Terjadi di Poso, Warga Berhamburan

Kompas.com - 31/03/2017, 08:28 WIB
Mansur

Penulis

POSO, KOMPAS.com - Ketenangan warga Poso di Sulawesi Tengah pada Jumat (31/3/2017) subuh kembali dikejutkan dengan ledakan keras yang diduga berasal dari bom.

Titik ledakan berada di tugu bundaran Jalan Pulau Sumatera atau tepatnya di depan bangunan Pasar Sentral Lama, Kelurahan Gebang Rejo, Kecamatan Poso Kota.

Baca juga: Tim Gegana Amankan 17 Bom Rakitan di Kandang Ayam

Dari pantauan Kompas.com di lokasi, ledakan tersebut, meskipun tidak mengakibatkan korban jiwa, tekah mengakibatkan kerusakan pada bagian bangunan tugu. Aparat kepolisian dari Satuan Gegana Brimob Polda Sulteng dan Polres Poso yang tiba di lokasi kemudian mengamankan lokasi untuk olah tempat kejadian perkara (TKP).

Dari hasil olah TKP sementara, tim Inafis Polda Sulteng dan Polres Poso mengamankan sejumlah barang bukti berupa serpihan bom pipa paralon, lakban dan potongan besi.

Untuk kelancaran proses olah TKP, puluhan aparat kepolisian dengan senjata lengkap disiagakan di lokasi untuk mencegah masyarakat agar tidak mendekati lokasi.

Saksi mata, Ama Bia Himo (55), warga Kelurahan Kayamanya, menjelaskan, penjual makanan campuran di sekitar lokasi ledakan mengatakan, ledakan keras menyerupai bom terjadi saat situasi jalan sedang sepi.

Menurutnya, saat ledakan terjadi, seluruh pelanggan yang sedang makan di warungnya langsung berhamburan keluar dan mengamankan diri karena ketakutan, hingga akhirnya polisi datang ke lokasi.

"Suara ledakan terdengar satu kali dan sangat keras. Para pelanggan yang makan serta warga yang masih begadang langsung keluar mengamankan diri karena dia kira bom," ungkap Ama.

Sementara itu, Kapolres Poso AKBP Bogiek Sugiyarto yang ikut dikonfirmasi saat berada di lokasi belum bersedia memberikan keterangan resmi. Pihaknya masih menunggu hasil olah TKP.

Baca juga: Pelemparan Bom Molotov Rumah Ketua DPD PAN Gresik, 9 Saksi Diperiksa

Menurutnya, sejauh ini polisi masih melakukan penyelidikan untuk mengungkap jenis ledakan yang menyerupai bom dengan daya ledak rendah.

"Saya belum bisa memberikan keterangan secara resmi semua masih dalam proses penyelidikan untuk menentukan apakan benda tersebut bom dan apa motifnya," jelas Kapolres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com