Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Berita Terpopuler Nusantara, Mulai Komentar Jokowi soal Orang Batak hingga Ambruknya Plafon Bandara Supadio

Kompas.com - 27/03/2017, 08:30 WIB

KOMPAS.com - Berita terpopuler rubrik regional pada Minggu (26/3/2017) diramaikan dengan berita komentar Presiden Jokowi soal karakter ucapan orang Batak, bantuan Dedi Mulyadi untuk ibu yang digugat anaknya, ambruknya plafon Bandara Supadio dan penemuan pendaki yang hilang di Gunung Dukono.

Presiden Joko Widodo saat menghadiri pembukaan silaturahmi nasional Jami'yah Batak Muslim Indonesia di Mandailing Natal memuji budaya Batak yang halus-halus. Bahkan lebih halus dibanding orang Solo.

Ketua DPD Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi membantu Siti Rokayah yang digugat anak Siti sebesar Rp 1,8 miliar. Dedi mengancam akan gugat balik anak Siti dengan tuduhan pemerasan.

Plafon di ruang tunggu lantai dua terminal keberangkatan Bandara Internasional Supadio ambruk menyebabkan sejumlah orang terluka.

Briyan Lobiua (17), seorang pendaki gunung yang dikabarkan hilang saat mendaki gunung Dukono di Kecamatan Galela, Kabupaten Halmahera Utara, ditemukan selamat. Briyan ditemukan dalam keadaan kelelahan.

Berkut 4 berita terpopuler nusantara Kompas.com

1. Presiden Jokowi memuji orang Batak

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, menghadiri pembukaan silaturahmi nasional Jami’yah Batak Muslim Indonesia (JBMI) di pondok pesantren Mustofhawiyah di Desa Purba Baru, Kecamatan Lembah Sorik Merapi, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatra Utara, Sabtu (25/3/2017).

Dalam sambutannya, Presiden menyatakan kagum dengan budaya masyarakat Madina yang sangat indah dan harmonis, di tengah-tengah perbedaan suku dan agama.

"Beragam tapi harmonis, inilah Indonesia. Saya berharap JBMI memperkuat ajaran bangsa Batak seperti Dalihan Natolu. Saya yakin nilai-nilai luhur bangsa Batak sesuai dengan Islam yang Rahmatan lil Alamin,” kata Jokowi.

Dirinya juga yakin masyarakat Madina tidak menyukai ujaran-ujaran kebencian dan caci maki yang sering terlihat di media sosial saat ini. Umpatan, fitnah, saling menjelekkan dan mencela, menurutnya, bukan budaya Indonesia.

"Apalagi Batak di sini, orangnya halus-halus, saya yang orang Solo kalah halus," katanya disambut tepuk tangan sekitar 13 ribuan warga yang hadir.

Selengkapnya, baca di link ini: Jokowi: Orang Batak di Sini Halus-halus Saya... Kalah Halus

2. Dedi Mulyadi bantu Siti Rokayah

DOK. HUMAS PEMKAB PURWAKARTA Siti Rokayah (85), yang digugat anaknya Rp 1,8 miliar ke Pengadilan ditemui langsung Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi di rumah anak bungsunya di kawasan Garut Kota, Sabtu (25/3/2017).

Siti Rokayah (85) alias Amih, seorang ibu yang digugat anaknya, mencurahkanpermasalahan yang dihadapinya kepada Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi, Sabtu (25/3/2017) malam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com