Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sanitasi Sehat bagi Anak Sekolah Melalui Run for Health di Sukoharjo

Kompas.com - 25/03/2017, 00:23 WIB
Kontributor Surakarta, Michael Hangga Wismabrata

Penulis

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Sedikitnya, puluhan toilet di 75 Sekolah Dasar di wilayah Sukoharjo, Jawa Tengah akan dibangun atau diperbaiki melalui gerakan lomba lari bersama, bertajuk Run for Health.

Kegiatan Run for Health terbilang unik. Peserta ditantang lari sejauh mungkin. Sebab, setiap 230 kilometer, sama dengan satu toilet baru bagi sekolah yang belum memiliki sanitasi layak.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo, Nasrudin mengatakan, penyakit diare masih menjadi ancaman besar bagi kesehatan masyarakat. Dalam satu hari, ada 1.800 orang meninggal dunia terserang diare.

"Kegiatan perbaikan sanitasi dan toilet dan perlengkapann kesehatan lainnya sejak dini, khususnya di tingkat sekolah dasar akan bisa menekan angka tersebut," ujar Nasrudin dalam acara konferensi pers menjelang ulang tahun PT Konimex ke 50 di Sukoharjo, Rabu (23/3/2017).

Kepala Bidang TK/SD Dinas Pendidikan Kabupaten Sukoharjo, Mulyadi mengungkapkan, Sukoaharjo membutuhkan banyak uluran tangan untuk memperbaiki sistem sanitasi di SD.

Mulyadi berharap, perbaikan sanitasi yang disandingkan dengan Run for Health PT Konimex, mampu meningkatkan kesehatan masyarakat terutama di lingkungan pendidikan.

Run for Health sendiri, menurut Direktur PT. Konimex Rachmadi Joesoef, memiliki konsep mengajak partisipasi masyarakat luas. Jumlah toilet yang akan dibangun berdasarkan total jarak lari yang ditempuh seluruh peserta Run for Health.

Ia berharap Run For Health menjadi daya tarik bagi masyarakat umum untuk berperan serta bersama dan khususnya menjalani hidup sehat sembari membantu suksesnya program sanitasi di sekolah.

"Targetnya puluhan toilet di 75 SD di Sukoharjo, namun bisa bertambah jumlahnya. Semakin banyak peserta lomba larinya akan semakin banyak toilet yang akan dibangun," tutupnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com