"Kawal Harta Negara" dengan Film

Kompas.com - 24/03/2017, 07:27 WIB
Sineas Lola Amaria (Kanan) berbagi lmu kepada peserta roadshow Festival Film Kawal Harta Negara yang diselenggarakan oleh BPK RI di Museum BPK Kota Magelang, Kamis (23/3/2017) Kontributor Magelang, Ika FitrianaSineas Lola Amaria (Kanan) berbagi lmu kepada peserta roadshow Festival Film Kawal Harta Negara yang diselenggarakan oleh BPK RI di Museum BPK Kota Magelang, Kamis (23/3/2017)
|
EditorErlangga Djumena

MAGELANG, KOMPAS.com - Film dinilai sebagai media yang efektif untuk menyampaikan pesan edukasi bagi masyarakat.

Badan Pemeriksa Keuangan ( BPK) RI pun memanfaatkan film untuk berkampanye tentang pentingnya pengawasan keuangan negara bagi pemerintah dan masyarakat.

Lembaga tinggi negara ini menyelenggarakan festival film bertema "Kawal Harta Negara" bagi anak-anak muda kreatif dan masyarakat umum Indonesia, mulai 14 Maret - 7 Juli 2017 mendatang.

"Film menjadi media efektif untuk edukasi masyarakat. Film adalah paket lengkap, ada musik, ada proses membaca yang mana pembuat maupun penonton akan bisa merasakan langsung arti penting mengawal harta negara," kata Sekretaris Jenderal BPK RI, Hendar Ristriawan, usai Roadshow Festival Film Kawal Negara 2017 di Museum BPK Magelang, Kamis (23/3/2017).


Hendar menjelaskan, sejauh ini pemeriksaan BPK dinilai sebagian masyarakat sebagai hal yang menakutkan. Padahal, BPK sendiri memiliki tugas dan fungsi yang justru membantu masyarakat mengetahui maupun menyusun keuangan dengan benar, transparan dan akuntabel.

“Kami ingin bangkitkan kesadaran masyarakat akan tugas dan fungsi BPK secara umum. Secara khusus, memberi pengetahuan tentang pentingnya pengawasan harta negara baik oleh BPK itu sendiri maupun masyarakat,” ujar Hendar.

Di sisi lain, film tentang BPK ini juga menjadi motivasi sekaligus interopeksi internal BPK agar dalam bekerja BPK senantiasa menjunjung tinggi independensi, profesional dan berintegritas.

Hendar mengemukakan, festival film ini merupakan hasil kerja sama BPK RI dan USAID  dengan sasaran peserta pelajar dan umum.

Sebelum dilaksanakan festival, pihaknya mengadakan roadshow di sejumlah daerah. Kota Magelang adalah tujuan roadshow pertama karena BPK lahir di kota ini.

"Roadshow berikutnya kami akan ke Ternate, Medan, dan Malang,” katanya.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X