Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pergoki Tetangga Curi Rokok, Gadis 15 Tahun di Garut Dibunuh

Kompas.com - 23/03/2017, 05:55 WIB

GARUT, KOMPAS.com-  Dinda Sumiarna (15), warga Kampung Sukamaju, Desa Tegalsari, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Jawa Barat, menjadi korban pembunuhan yang diduga dilakukan tetangganya sendiri, yaitu DN (23), Rabu (22/3/2017).

Siswi  kelas X SMK itu memergoki DN yang hendak mencuri rokok di warung.

"Kasus dugaan pembunuhan itu bermula ketika DN masuk ke rumah. DN hendak mencuri rokok di warung yang ada di kediaman korban," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus, kepada wartawan melalui pesan singkat, Rabu (22/3/2017).

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 08.00 WIB. Adapun DN telah ditangkap unit Resmob Polres Garut beberapa jam setelah kejadian. Petugas pun menemukan sejumlah barang bukti yang diduga digunakan DN sebagai alat kejahatan.

Yusri mengatakan, korban yang memergoki aksi DN tersebut itu mencoba melemparnya dengan piring. Namun DN langsung mencekik sembari menyeret korban ke kamar tidurnya. Korban pun melakukan perlawanan dengan mencakar tangan pelaku.

"Korban menggapai pisau yang ada di meja namun, pisau tersebut direbut DN," kata Yusri.

Dia meyebutkan, terjadi pergumulan antara DN dan korban. DN langsung membanting korban dan menggoroknya setelah berhasil merebut pisau. Tak puas membunuh, kata Yusri, DN membawa ponsel milik korban.

"DN langsung mengganti baju dan celana. Ia juga mencuci kaki dan tangannya di kamar mandi rumah korban," kata Yusri.

Yusri mengatakan, DN menyembunyikan pisau, baju, dan celana yang masih ada bekas darah korban di dalam ember di kiso cucian mobil tak jauh dari lokasi kejadian. Ia juga menyembunyikan rokok hasil curian di rumah yang bersampingan kediaman korban. 

"Kemudian pelaku setelah warga rame di TKP, pelaku berpura-pura kaget dan datang juga di TKP sambil membantu keluarga korban," kata Yusri.

Berdasarkan hasil penyelidikan, kata Yusri, petugas mendapatkan petunjuk jika DN diduga kuat sebagai pelaku pembunuhan tersebut. DN pun diamankan untuk dimintai keterangan. Berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara, petugas menemukan sebilah pisau, sebuah ponsel milik korban, rokok hasil curian, dan pakaian DN. 

"Barang bukti juga sudah diamankan. Lokasi kejadian kini sudah dipasangi garis polisi," kata Yusri. (Tribun Jabar/Teuku Muh Guci S)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com