Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Banyuwangi In Your Hand", Mudahnya Cari Info Kuliner dan Tempat Wisata

Kompas.com - 22/03/2017, 15:45 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Kabupaten Banyuwangi meluncurkan aplikasi "Banyuwangi in Your Hand" di Pendopo Shaba Swagata Blambangan, Rabu (22/3/2017).

Aplikasi tersebut bisa diunduh di ponsel berbasis Android melalui Playstore.

"Banyuwangi in Your Hand" menggunakan format augmented reality dan virtual reality yang dapat dilihat dalam bentuk konten video, animasi, dan 3D. Aplikasi ini juga terhubung langsung dengan google maps.

"Jika sudah diunduh, melalui kamera handphone dan diarahkan maka akan terlihat di layar ponsel profil lokasi publik termasuk tempat kuliner dan destinasi wisata," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Dia menunjukkan layar ponselnya yang diarahkan ke timur dan menunjukan destinasi wisata Pantai Boom.

"Kalo ikon diklik akan muncul penjelasan tentang Pantai Boom dan juga google maps yang akan menunjukkan arah menuju Pantai Boom.

"Aplikasi ini akan mempermudah wisatawan yang datang ke Banyuwangi untuk mencari lokasi destinasi wisata dan juga tempat kuliner serta lokasi publik seperti rumah sakit, terminal, pasar dan lokasi lainnya," tutur Anas.

Sementara itu, Mohammad Shodiq, General Manager PT Icon+ Regional Surabaya, penyedia aplikasi, mengatakan, aplikasi ini akan dikoneksikan dengan aplikasi serupa yang ada di Eropa dan juga Australia.

"Nanti akan terkoneksi dengan aplikasi serupa yaitu 'Europe in Your Hands' dan 'Australia in Your Hands', jadi masyarakat di Eropa dan Australia bisa mengakses juga wisata yang ada di Banyuwangi," tuturnya.

Dia mengatakan, aplikasi ini seperti Google Street yang menggunakan format augmented reality yang menampilkan kondisi asli lingkungan yang ada, mulai dari jalan, bangunan, dan lainnya dalam bentuk 3D di lokasi.

"'Banyuwangi in Your Hand' bisa melihat seluruh isi di Banyuwangi," kata Shodiq.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com