Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biografi Anies-Sandi Masuk Naskah Soal UN SMP

Kompas.com - 17/03/2017, 20:58 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Nama salah satu pasangan calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, masuk ke dalam naskah soal uji coba ujian nasional (UN) mata pelajaran Bahasa Indonesia tingkat SMP di Kota Magelang, Jawa Tengah.

Nama Anies Baswedan muncul pada soal nomor empat, dimana siswa diminta mencermati sebuah paragraf yang berisi biografi singkat mantan Menteri Pendidikan itu ketika masih aktif berorganisasi. Siswa lalu diperintahkan mencari kalimat rancu dari naskah tersebut.

Soal berikutnya, siswa kembali diminta mencermati sebuah paragraf tentang Sandiaga Uno yang memiliki riwayat hidup mulai dari masa sekolah hingga tercatat sebagai salah satu orang sukses dan kaya di Indonesia.

Dari paragraf ini siswa diperintahkan untuk menemukan keistimewaaan sosok Sandiaga. Foto naskah soal ini diketahui khalayak luas setelah seorang netizen Oktaviani Khoirunnisa dengan akun @vannioktav mengunggahnya di media sosial Twitter pada Selasa, 14 Maret 2017.

Foto tersebut kemudian ditautkan kepada akun Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo @ganjarpranowo. "Pak @ganjarpranowo pilgub DKI sampai magelang lho," tulis Oktaviani dengan menambah emotikon tertawa dibelakang cuitannya.

Postingan Oktaviani mendapat respon dari Ganjar Pranowo, Kamis (16/3/2017). Ganjar me-retweet sekaligus mempertanyakan kebenaran foto naskah soal tersebut. "Masak sih? Itu beneran?," tukas Ganjar melalui akun pribadinya yang sudah terverifikasi itu.

Hingga berita ini ditulis, postingan Oktaviani menjadi viral di lini masa dan menuai banyak komentar. Diantaranya akun @enggardwiyul yang menulis bahwa tidak semua murid mengetahui kedua tokoh tersebut.

Biografi tokoh nasional menurutnya akan lebih baik jika dijadikan naskah soal. "Muridpun juga ga semua tau tentang 'mereka'. Kasih tokoh pahlawan Nasional menurutku lebih bagus," ujar @enggardwiyul.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Magelang Taufik Nurbakin membenarkan adanya soal yang mencantumkan nama Anies-Sandi tersebut. Taufik sendiri baru mengetahui perihal naskah soal itu pada Jumat (17/3/2017).

Padahal uji coba UN SMP dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia sudah diselenggarakan pada Senin, 6 Maret 2017, lalu.

"Soal Bahasa Indonesia ada beberapa paket yang masing-masing berisi naskah tokoh-tokoh tertentu. Paket pertama ada tokoh Ali Alatas dan Asmanadia. Tapi, untuk paket yang ke dua ini kami belum tahu kenapa bisa Anies Sandiaga Uno yang muncul," tuturnya.

Menurutnya, naskah soal dibuat oleh para guru, yang tergabung dalam musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia se-Kota Magelang.

Sementara untuk pengawasannya tidak sampai ke Disdik namun cukup sampai Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).

"Kami akan minta klarifikasi dari pembuat soal. Perlu didalami, apakah ada unsur kesengajaan, atau tidak. Yang jelas menjadi bahan evaluasi kami ke depan," ujar Taufik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com