Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Sebut Kembali Terima Dukungan untuk Maju ke Pilkada Jabar

Kompas.com - 17/03/2017, 13:24 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengaku telah mendapat dukungan dari elemen masyarakat di empat daerah di Jabar yakni Cirebon, Sukabumi, Kabupaten Bogor dan Kota Bogor untuk maju dalam Pilkada Jawa Barat 2018.

Pria yang kerap disapa Emil ini mengatakan, warga di empat daerah tersebut akan segera mendeklarasikan dukungannya.

"Cirebon, Sukabumi, dan Bogor mereka bersatu dalam Ciawi Majakuning relawannya. Artinya kotanya iya kabupatennya iya," katanya seusai menghadiri groundbreaking Taman Air Tirtawening di Jalan Tamansari, Jumat (16/3/2017).

Emil menerima dukungan yang akan dideklarasikan Partai Nasdem di Lapangan Tegalega Bandung, Minggu (18/3/2017).

"Pertama deklarasi-deklarasi ini terjadi dibanyak tempat yang saya tahu ada di Cirebon, di Sukabumi juga dan di persiapan di beberapa tempat lain. Tapi yang paling cepat itu Nasdem hari Minggu," ujarnya.

(Baca juga: Ini Alasan Partai Nasdem Mendukung Ridwan Kamil)

Kendati telah mendapat dukungan dari sejumlah masyarakat dan partai, Emil mengaku belum memberi keputusan mutlak soal langkah politiknya.

Sebab, lanjut dia, dalam dunia politik, perubahan sikap bisa sewaktu-waktu terjadi. Dia pun berkaca pada konsetalasi politik di Pilkada DKI Jakarta.

"Nah antara dukungan dan kepastian itu masih lama, masih ada setahun. Saya enggak mau 'geer' juga ya contohnya  Jakarta. Sudah dideklarasikan Pak Sandiaga Uno dan Pak Mardani Ali inget gak, (diusung) Gerindra  dan PKS. Pas hari pendaftarannya bukan (Mardani Ali) tapi Pak Anies (Baswedan) menyelip di hari terakhir," tuturnya.

"Artinya dalam proses Pilkada ini yang pasti itu nanti pas hari pendaftaran. Jadi walaupun sekarang saya didukung alhamdulillah gimana, saya tetap mawas diri, tahu diri bahwa itu baru setengah dari sebuah proses politik. Sampai belum hari pendaftaran mah ketidakpastiannya masih besar," tambahnya kemudian.

(Baca juga: Ridwan Kamil: Saya Tidak Khianat...)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com