Sebelum Wafat, KH Hasyim Muzadi Tetap Aktif Mengajar

Kompas.com - 16/03/2017, 19:31 WIB
Jenazah almarhum KH Hasyim Muzadi tiba di rumah duka di komplek Pondok Pesantren Al Hikam II, Depok, Jawa Barat, Kamis (16/3/2017). KH Hasyim Muzadi  meninggal karena sakit dan dikebumikan di komplek Pondok Pesantren Al Hikam II Depok. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO KRISTIANTO PURNOMOJenazah almarhum KH Hasyim Muzadi tiba di rumah duka di komplek Pondok Pesantren Al Hikam II, Depok, Jawa Barat, Kamis (16/3/2017). KH Hasyim Muzadi meninggal karena sakit dan dikebumikan di komplek Pondok Pesantren Al Hikam II Depok. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
|
EditorReni Susanti

MALANG, KOMPAS.com - Mantan Ketua Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi tetap mengajar meski dalam kondisi sakit. 

"Hari-hari terakhir beliau itu gerah (sakit). Tapi meskipun gerah beliau masih menginginkan mengajar. Meskipun dalam keterbatasan kesehatannya," ujar keponakan Hasyim yang juga wakil Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hikam, Kota Malang, Muhammad Nafi, Kamis (16/3/2017).

Nafi mengatakan, keinginan Hasyim Muzadi untuk mengajar tidak bisa dibendung. Bahkan saat menjalani perawatan pun ia tetap mengajar santri-santrinya. 

Salah satu yang diajarkan Hasyim di pondok pesantrennya di Depok adalah Kitab Al-Hikam. Ia memiliki keinginan, para santrinya yang di Depok terutama yang senior menyelesaikan kajian kitab tersebut sebelum wisuda.

 

(Baca juga: Sosok Hasyim Muzadi di Mata Jokowi)

Nafi menjelaskan, setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Lavalette Kota Malang awal 2016, ia sempat sembuh. Ia pun menyempatkan kembali ke pondoknya di Depok.

Hasyim hanya menghabiskan waktu seminggu di Depok dan kembali ke pondoknya di Malang untuk melanjutkan perawatan. Namun ia kembali ke Malang dengan membawa 22 santrinya yang tengah mengkaji Kitab Al-Hikam.

"Dua kali sempat mengaji di sini," ucapnya.

KH Hasyim Muzadi wafat pada Kamis (16/3/2017) pagi setelah sebelumnya menjalani perawatan di Rumah Sakit Lavalette Kota Malang. 

(Baca juga: Mantan Ketua Umum PB Nahdlatul Ulama KH Hasyim Muzadi Meninggal Dunia)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X