Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ultah ke-32, Kuda Nil Kerdil KBS Dihadiahi Makanan Istimewa

Kompas.com - 15/03/2017, 19:23 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Devi, satwa penghuni Kebun Binatang Surabaya (KBS), Rabu (15/3/2017) ini, berulang tahun. Kuda nil kerdil itu kini genap berusia 32 tahun.

Pengelola KBS menggelar perayaan khusus menyambut hari ulang satwa yang memiliki nama latin Pygmy hippopotamus itu.

"Keeper memberi menu makan istimewa hari ini untuk Devi," kata Humas Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS, Laily Widya Arishandi.

Baca juga: Berusia 100 Tahun, KBS Masih Menyisakan Masalah Hukum

Menu makanan istimewa yang dimaksud yaitu wortel, kacang panjang dan pisang. Di hari-hari biasa, Devi hanya diberi makan rumput kremah. Pengelola KBS juga menawarkan paket untuk pengunjung khusus di hari ulang tahun Devi.

Paket pertama, dengan membayar Rp 250.000, pengunjung mendapatkan pin khusus, 10 tiket masuk, sebuah kartu ucapan ulang tahun untuk ditempelkan di kandang Devi, serta selfie di photo both.

Paket kedua kata Laily, dengan membeli pin seharga Rp 30.000, pengunjung bisa mendapatkan kartu ucapan ulang tahun untuk ditempelkan di kandang Devi, serta selfie di photo both.

Baca juga: Aksi Sejuta Tanda Tangan untuk Kembalikan Satwa KBS

"Semua paket yang ditawarkan kepada pengunjung semata-mata sebagai donasi kepada satwa-satwa KBS. Para donatur yang masuk akan menjadi bukti peran serta sahabat satwa dalam program Adopsi Satwa di KBS," jelasnya.

Devi dipindah ke KBS dari kebun binatang Singapura pada 1987, sejak dia berusia 2 tahun. Pemindahan Devi sebagai upaya menghindari perkawinan sedarah.

Di KBS, Devi berhasil beradaptasi dan berkembang biak dengan baik. Bahkan Devi memiliki empat anak, masing-masing Leny (16 tahun), Anom (14 tahun), Mery (11 tahun), dan Uswatun Khasanah (3 tahun). 

Baca juga: Alhamdulillah, Satwa KBS Sehat-sehat...

Kompas TV Populasi Berlebih, KBS Akan Suntik Mati Hewan?
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com