Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Sopir di Bali Demo Tolak Angkutan "Online"

Kompas.com - 14/03/2017, 10:36 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Ratusan sopir yang tergabung dalam aliansi Sopir Transportasi (All Star) Bali menggelar aksi demonstrasi pada Selasa (14/3/2017) di Denpasar. Aksi ini dilakukan untuk menyuarakan aspirasi menolak beroperasinya taksi online di Bali.

Mereka mengawali aksinya dengan berkumpul Jalan sunset Road, Kuta, kemudian melakukan konvoi sejauh 10 km menuju kantor DPRD Bali.

Dalam orasinya mereka menuntut pemerintah agar mengambil langkah tegas mengambil langkah tegas menghentikan aktivitas taksi online di Bali. 

"Kami minta kepada wakil rakyat agar hentikan beroperasinya taksi online Uber dan Grab di Bali," ujar Koordinator All Star Ketut Witra dalam orasinya.

Menurut dia hampir genap setahun pemerintah memberi kesempatan kepada taksi online menyelesaikan perizinan. Sebagaimana tertuang dalam peraturan menteri (PM) perhubungan nmr 32 tahun 2016 bahwa mobil pribadi tidak boleh jadi alat transportasi umum. Jika diubah fungsinya untuk transportasi umum harus ada perizinan yang jelas. 

"Kami tidak takut bersaing sehat asal perizinannya jelas," kata Witra.

Akibat beroperasinya taksi online, para sopir angkutan umum konvensional ini mengaku
mengalami penurunan pendapatan sampai 60 persen.

Karena itu pihaknya memberi waktu kepada pemerintah untuk mengambil langkah tegas sampai (1/4/2017) mendatang. "Kalau sampai 1 April tidak ada ketegasan kami akan blokir taksi online di Bali," kata Witra.

Pantauan Kompas.com, polisi mensiagakan water Canon dan satu kompi pasukan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama berlangsung aksi.

Sebelumnya,  sopir angkutan umum sudah sering melakukan aksi menolak taksi online di Pulau Dewata itu. Terakhir digelar pada Selasa (7/1/2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com