Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Bocah SD Asuh 3 Adiknya, Sang Kakek Bergegas ke Sumedang

Kompas.com - 14/03/2017, 10:23 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Foto Ahmad Revan Febriana (12) yang tengah mengasuh adik-adiknya di Sumedang menjadi viral di media sosial. Karena foto-foto itu pula, sang kakek, Sirin, mengetahui kondisi anak dan cucunya.

“Kemarin saya bertemu Pak Sirin, kakek dari empat anak itu. Pak Sirin baru tahu kondisi anak dan cucunya dari media sosial,” ujar Camat Tanjungmedar, Kabupaten Sumedang, Entang Heri Purnama saat dihubungi Kompas.com, Senin malam (13/3/2017).

Entang menjelaskan, Sirin merupakan pensiunan TNI AU yang tinggal di Jakarta. Selama ini, sang kakek tidak mengetahui kondisi ekonomi keluarga anaknya.

Begitu melihat media sosial dan memastikan kalau itu cucunya, ia langsung datang ke Sumedang. Sesampainya di Sumedang, ia pun memarahi Yuyun Bayu Ningrum (40), ibu dari empat anak tersebut.

“Ibu Yuyun yang cerita pada saya dimarahi ayahnya. Karena selama ini Yuyun tidak pernah cerita tentang kondisi keuangannya,” ungkapnya.

Yuyun, sambung Entang, memang kerap menolak bantuan dari tetangga. Dari penuturan tetangganya, Yuyun kerap menolak ketika diberi beras atau apapun. Sikap penolakan Yuyun, kemungkinan disebabkan karena Yuyun tidak ingin menyusahkan orang lain.

“Yang pasti, kabar bahwa empat anak Yuyun kelaparan itu tidak benar. Semua tetangga membantunya. Desa pun selalu turun tangan membantu keluarga tersebut,” ucapnya.

Entang menjelaskan, Yuyun dan keempat anaknya kemungkinan akan kembali ke Jakarta. Sebab sang kakek mengatakan padanya akan membawa Yuyun dan keempat anaknya kembali ke Jakarta.

Entang menyetujui niat sang kakek. Sebab, Yuyun akan kesulitan untuk mendapatkan penghasilan di Kampung Babakan Kenanga, Desa Wargaluyu, Kecamatan Tanjungmedar.

“Warga sini banyaknya petani. Kasihan Bu Yuyun, mau usaha apa. Kalau jadi pedagang pun, siapa yang mau beli,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan,  empat bocah yakni Ahmad Revan Febriana (12), Muhammad Bayu Aji (7), Audia Aprilia Salsabila (3), Adiba Sakila Atmarini (4 bulan) tinggal di sebuah rumah bilik berukuran 4x6 meter.

Pasca-meninggalnya sang ayah, Priutoro Aji (54), ibunya, Yuyun, menanggung beban ekonomi keluarga. Untuk menghidupi keluarganya, Yuyun pergi bekerja ke Jawa Timur dan menitipkan anak-anaknya ke tetangga. Karena harus mengurus ketiga adiknya pula, Ahmad Revan berhenti bersekolah.

Baca: Ayah Meninggal, Ibu Pergi ke Jawa, Bocah SD Rawat Tiga Adiknya Sendirian

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com