Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Lembar Surat dalam Bahasa Arab dari Indonesia untuk Raja Salman

Kompas.com - 12/03/2017, 13:00 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

KUTA, KOMPAS.com - Duta Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel menyerahkan sebuah amplop coklat kepada Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud sesaat sebelum Raja Salman dan rombongan meninggalkan Bali, Minggu (12/3/2017). 

Agus mengatakan, amplop cokelat ini berisi tiga lembar surat yang ditulis dalam bahasa Arab.

"Suratnya ditulis dengan bahasa Arab. Isinya kami menyampaikan terima kasih atas kunjungan Raja Salman ke Indonesia setelah kunjungan terakhir Raja Arab Saudi 47 tahun lalu," kata Agus setelah mengantar Raja Salman di Bandara Ngurah Rai, Bali.

Selain melalui surat, ucapan terima kasih juga disampaikan Agus secara langsung. Kedatangan Raja Salman, lanjutnya, merupakan hal baik untuk diplomasi antar kedua negara.

"Saya ucapkan beberapa kalimat terima kasih atas kunjungan Paduka ke negara keduanya Indonesia, kepada beliau saya bilang Indonesia adalah kepingan surga yang jatuh ke bumi," ucapnya.

Menurut Agus, ucapan ini disambut dengan senyuman Raja Salman.

Agus menuturkan, kunjungan Raja Salman ke Bali memberi keuntungan diplomatik, terutama di bidang ekonomi dan kerja sama haji.

"Salah satu yang paling dahsyat adalah penandatangan MoU strategic partnership. Ini akan jadi payung besar bersama antara Indonesia dan Arab Saudi," kata Agus.

Selama kunjungan ke Indonesia, lanjut dia, Indonesia dan Arab Saudi juga membahas mengenai rencana investasi pariwisata, khususnya untuk Indonesia Timur dan wilayah Sumatera.

"Kamikepingin juga ada pembangunan proyek hotel terintegrasi," kata Agus.

Mengenai penambahan kuota haji untuk Indonesia, Agus mengatakan, jumlahnya naik dari 168.000 menjadi 221.000. Proses negosiasi dilakukan melalui Dewan Malafi dari Kerajaan Arab Saudi.

"Tambahan kuota itu melalui Dewan Malafi, kantor khusus Kerajaan Arab, bukan lewat pemerintahan di sana," tutur Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com