Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

April, Gedung Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Dibangun

Kompas.com - 07/03/2017, 19:21 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Pembangunan gedung terminal dalam proyek pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani di Semarang, Jawa Tengah dilakukan April 2017. Saat ini, pembangunan memasuki tahap lelang yang ditargetkan selesai akhir Maret ini.

Manajer Teknik Proyek Pengembangan Bandara Ahmad Yani I Ketut Aryana mengatakan, pembangunan terminal masuk bagian ketiga.

“Paket ketiga, progress-nya saat ini masih lelang, akhir Maret ini diharapkan sudah bisa ditentukan, sehingga mulai dikerjakan awal April,” kata Ketut di Semarang, Selasa (7/3/2017).

Ketut menjelaskan,pembangunan bangunan terminal ditargetkan selesai Oktober 2018. Namun, operasional terminal bisa dipercepat.

“Agustus 2018 sudah bisa operasional. Kapasitasnya terminal nanti bertambah jadi delapan kali lipat,” tambahnya.

Saat ini, pelaksana proyek, masih menuntaskan paket pertama, yaitu pembangunan akses jalan masuk ke bandara. Progress-nya baru 79,3 persen. Sementara paket kedua berupa pembuatan parkir pesawat dan taxi way sudah 100 persen.

Terminal baru ini nantinya akan menampung pesawat berbadan lebar. Karenanya, runway bandara tersebut mengalami peningkatan daya dukung agar bisa menahan beban pesawat berbadan besar.

Ketut mengaku, lelang terminal ini molor karena terkendala perubahan desain. Luasan terminal dari usulan semula 40.000 meter persegi untuk terminal, diubah menjadi 58.000 meter persegi.

Dengan kapasitas 58.000 meter persegi ini, daya tampungnya menjadi enam juta penumpang per tahun, meningkat dari sebelumnya 3 juta penumpang per tahun. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com