Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai "Private" untuk Raja Salman Dipagari Kain Putih

Kompas.com - 07/03/2017, 10:01 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

NUSA DUA,KOMPAS.com - Pantai khusus Raja Arab Saudi Salman Bin Abdulazis Al-Saud di wilayah Pantai Geger Nusa Dua Bali yang berada tepat di belakang St Regis tempat raja menginap terlihat di pasangai pagar bambu sebagai pembatas dan ditutup kain putih.

Saat Kompas.com mendatangi pantai yang memiliki pasir putih tersebut Selasa (7/3/2017) juga telihat beberapa petugas keamanan berjaga disekitar pantai. Namun aktivitas wisatawan yang di dominasi oleh wisatawan asing di Pantai Geger sama sekali tidak terganggu. 

Sejak pagi, mereka sudah berolahraga air seperti berenang, berjalan di bibir pantai,  stand up board, snorkling, boogie board, dan juga surfing. 

Tampak, para wisatawan asing berjalan kaki dan masuk ke dalam wilayah pantai yang dibatasi dengan bambu yang ditutup kain putih.

"Sudah seminggu sebelum kedatangan Raja Salman pagar bambu itu dipasang. Tapi wisatawan asing boleh kok lewat tapi pagi sekali. Kalau siang sedikit sudah dilarang.  Memang penjagaan sangat ketat," jelas Nyoman Nusa salah seorang pemandu wisata kepada Kompas.com.

KOMPAS.COM/Ira Rachmawati Wisatawan asing di Pantai Geger Nusa Dua Bali Selasa (7/3/2017)
Semakin siang jumlah wisatawan asing yang datang ke Pantai Geger semakin bertambah. Rata-rata mereka datang dengan rombongan.

Jose, wisatawan asal Amerika kepada Kompas.com, mengaku sudah dua hari berturut-turut mendatangi Pantai Geger untuk surfing bersama rekan-rekannya. Dia juga mendengar jika Raja Salman menginap di sekitar Pantai Geger namun selama di Pantai Geger dia tidak pernah bertemu.

"Saya dengar ada Raja Salman menginap di sekitar sini tapi belum pernah ketemu. Tapi tidak masalah kami masih bisa surfing di Pantai Geger. Tidak ada larangan," ucapnya.

Dari informasi yang dihimpun, pihak St Regis telah membangun tangga khusus untuk Raja Salman di wilayah Pantai Geger. Tangga tersebut disebut-sebut terbuat dari kayu sepanjang 20 meter dan langsung menyentuh bibir pantai.

Ira Rachmawati Pantai Geger tetap di buka untuk umum
Raja Arab Saudi Salman Bin Abdulaziz Al Saud juga dipastikan akan memperpanjang masa liburannya di Bali. Semula Raja Salman berencana hanya menghabiskan waktu liburan 4 - 9 Maret 2017. Kemudian diperpanjang sampai 12 Maret. 

Pihak kedutaan Arab Saudi untuk Indonesia telah melayangkan surat resmi kepada pihak kementerian luar negeri Indonesia mengenai rencana perpanjang masa liburan Raja Salman tersebut melalui nota Kedubes bernomor 211/645. Raja Salman dan rombongan menginap di St Regis di wilayah Nusa Dua Bali.

Baca: Betah di Bali, Raja Salman Perpanjang Liburan

Kompas TV Puluhan seniman kelompok Tabuh Puri Ubud, Gianyar, Bali terus berlatih dan disiapkan jika rombongan Raja Salman berkunjung ke Puri ini. Latihan puluhan seniman tua ini sudah berlangsung dalam sejumlah kesempatan pentas, para seniman ini kerap membawakan tabuh untuk mengiringi sejumlah jenis tarian seperti, Tari Gambuh. Kegiatan mereka sempat menjadi perhatian turis yang berada di kawasan ini.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com