Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/03/2017, 15:50 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com - Sebanyak dua mobil mewah merek Mercedes Benz yang akan digunakan Raja Arab Saudi Salman Bin Abdulazis Al Saud telah disiapkan di lokasi hotel tempatnya menginap, Hotel St. Regis, Nusa Bali.

Kedua mobil tersebut diparkir di lokasi khusus yang disiapkan pihak hotel.

Nampak kedua mobil ini dibatasi garis putih. Penjagaan secara khusus juga diberlakukan pada kedua mobil tersebut.

Danrem Wiratsatya Kolonel Inf I Nyoman Cantiasa mengatakan untuk pengamanan fasilitas mobil melibatkan pasukan pengamanan dari kedua negara, Arab dan Indonesia.

"Dijaga Paspampres gabungan dari Arab juga dari kita. Sekarang mobilnya sudah parkir di St. Regis," kata Cantiasa saat ditemui di Nusa Dua, Bali, Jumat (3/3/2017).

Kedua mobil mewah ini tiba di Bali pada Senin (28/2/2017). Fasilitas penunjang kunjungan Raja Salman ini tiba secara bergelombang dan sebagian besar sudah ditempatkan di Hotel St. Regis.

Untuk tim Pengamanan Raja Salman memang dibagi sesuai bidang masing-masing yang dibagi ke dalam 3 ring. Parkiran dan seluruh areal hotel St. Regis termasuk ke dalam ring 1. Termasuk untuk pengamanan kendaraan khusus untuk ring 1 dijaga langsung oleh paspampres dari kedua negara.

Saat ini kondisi mobil Raja Salman dalam kondisi siap untuk digunakan. Pada saatnya nanti saat Raja Salman menggunakan kendaraan tersebut untuk mengunjungi objek wisata yang diinginkan maka satgas keamanan akan mengawal sesuai protap dan standar pengamanan internasional.

"Sebenarnya kan standarnya sama saja di seluruh dunia. Kalau kepala negara kita ke negara lain standarnya juga sama," kata Cantiasa.

Selain pengamanan mobil, penjagaan ketat juga diberlakukan terhadap pesawat yang digunakan Raja salman. Pesawat tersebut akan nginap di Bandara Ngurah Rai selama Raja Salman nginap di Bali.

Untuk diketahui 3 buah pesawat kerajaan Arab Saudi akan diinapkan di Bandara Ngurah Rai selama Raja Salman Bin Abdulazis Al Saud berlibur di Bali 4 sampai 9 Maret mendatang.

Ketiga pesawat itu juga mendapat pengamanan khusus. Namun, ketiga pesawat ini dikawal oleh pasukan keamanan dari kerajaan Arab Saudi.

Baca: Pesawat Raja Salman di Bandara Ngurah Rai Dijaga Petugas Keamanan Arab Saudi

Kompas TV Wakil Gubernur Bali, I Ketut Sudikerta, datang langsung ke Bandara Ngurah Rai bersama jajaran TNI Angkatan Udara di Pangkalan Udara Ngurah Rai. Selain kehadiran pejabat Pemerintahan Provinsi Bali dan TNI AU, juga terlihat dari utusan dari Kerajaan Arab Saudi. Pertemuan dilakukan untuk memantau kesiapan Bandara Ngurah Rai dalam menyambut kedatangan rombongan Raja Arab.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com