Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketemu Ganjar, Djarot Ingin Borong Semua Bahan Makanan di Jateng

Kompas.com - 03/03/2017, 15:10 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG KOMPAS.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di ruang kerja di Semarang, Jumat (3/3/2017) siang tadi. Pertemuan digelar secara terbuka, dengan suasana yang cair dan santai.

Djarot datang di kompleks gubernuran sekitar pukul 11.00 WIB dan terlihat keluar pukul 12.00 WIB.

Kepada Ganjar, Djarot mengutarakan keinginannya untuk membeli semua produk pertanian yang ada di Jawa Tengah. Pemerintah DKI butuh bahan makanan dari Jateng agar wilayah tersebut tidak tergerus inflasi.

“Ini kebutuhan dan bisa klop antara Jateng dan Jakarta. Jadi, kita kerjasama lebih enak, untuk kepentingan warga Jateng dan DKI. Bayangkan, kalau pertemuan seperti ini sambil senyum kan enak,” kata Djarot.

Kepada sesama rekan separtainya itu, Djarot mengatakan bahwa pemerintah DKI sedang membangun sebuah gudang besar untuk menampung semua bahan makanan.

“Kami punya lahan besar pergudangan yang gede, bekerjasama dengan Jateng. Entah bawang merah, beras, cabai. Kita bikin gudang gede. Tujuannya bantu para petani, sekaligus untuk stabilisasi harga,” ujar Djarot.

Pemerintah, sebut dia, ingin para petani juga mendapat untung dari kegiatan pertanian yang dilakukan. Ketika bahan makanan melimpah, harga kemudian jatuh, maka pemerintah harus memihak kepada petani.

Oleh karena itu, perlindungan kepada petani bisa dilakukan dengan pembelian, selain cara pemberian insentif. Para petani pun diuntungkan dengan keadaan, sehingga bisa melahirkan generasi ke depan yang suka pada pertanian.

“Petani kan terpojok, terpepet, ketika panen raya harganya jatuh. Nah, siapa yang melindungi, nanti berfikir profesi petani tidak menarik, sehingga anak-anak petani pindah bekerja informal. Maka, kita bisa melakukan perlindungan, dengan stabilitasi harga. Ini insentif yang diberikan,” tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com