Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KIP Aceh Ketuk Palu untuk Kemenangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah

Kompas.com - 25/02/2017, 20:36 WIB
Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menyelesaikan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Aceh pada pemilihan kepala daerah serentak 2017.

KIP Aceh mengetuk palu sebagai tanda sah atas perolehan suara terbanyak untuk pasangan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah dengan perolehan jumlah suara sebanyak 898.710 dari total suara sah 2.414.801 dari 23 kabupaten/kota di Aceh.

"Alhamdulillah, kami bisa menyelesaikan rapat pleno rekapitulasi hari ini dengan lancar dan damai," ujar Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi, Sabtu (25/2/2017).

"Atas persetujuan semua pihak, maka kami sahkan pasangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah sebagai peraih suara terbanyak," ucap Ridwan, sambil mengetuk palu tanda sahnya hasil perhitungan rekapitulasi.

Adapun perolehan suara dari 23 kabupaten kota untuk enam pasangan calon gubernur dan wakil gubernur:

1. Pasangan Tarmizi Karim-T Muchsalmina Ali: 406.865 suara
2. Pasangan Zakaria Saman-T Alaidinsyah: 132.981 suara
3. Pasangan Abdullah Puteh-Said Mustafa Usab: 41.908 suara
4. Pasangan Zaini Abdullah-Nasaruddin: 167.910 suara
5. Pasangan Muzakkir Manaf-TA Khalid: 766.427 suara
6. Pasangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah: 898.710 suara.

Sebelumnya, pasangan Muzakir Manaf-TA Khalid melalui saksi mereka, menolak proses rekapitulasi suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Aceh. Mereka menuding bahwa proses pemilihan kepala daerah tersebut cacat hukum. 

Rapat pleno itu sempat diwarnai aksi walk out dan sejumlah perdebatan. (Baca: Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pilkada Aceh Diwarnai "Walk Out")

Kompas TV Sebanyak 114 kotak suara dari 10 desa telah dikumpulkan di kantor Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh. Petugas kepolisian dari Polresta Banda Aceh pun disiagakan di setiap kantor kecamatan untuk melakukan pengamanan surat suara. Kotak suara beserta isinya akan diserahkan ke KIP Kota Banda Aceh sesudah semuanya dipastikan siap direkap. Dari hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei, pasangan Irwandi-Nova unggul sementara. Namun, hasil resmi rekapitulasi suara akan diumumkan pada rapat pleno terbuka 25 Februari mendatang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com