Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Bandara Ahmad Yani Butuh Dana Rp 2 Triliun

Kompas.com - 23/02/2017, 20:55 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Pembangunan Bandara Ahmad Yani Semarang membutuhkan anggaran hingga Rp 2 triliun untuk lima paket pengerjaan.

"Saat ini sudah kami anggarkan hampir Rp 2 triliun, tepatnya Rp 1,942 triliun," kata Manajer Teknik Proyek Bandara Ahmad Yani Semarang I Ketut Aryana di Semarang, Kamis (23/2/2017).

Meski demikian, ada kemungkinan anggaran yang telah disiapkan tersebut tidak seluruhnya digunakan dalam waktu dekat ini.

"Target selesainya pembangunan lima paket ini tahun 2018, tepatnya pada bulan Agustus 2018 bandara ini ditargetkan dapat beroperasi. Jadi kami fokuskan pembangunan inti dulu," katanya.

Beberapa pembangunan yang akan ditunda untuk diselesaikan setelah operasional adalah pembangunan air mancur yang ada di akses masuk menuju kawasan bandara dan akses jalan dari Perumahan Graha Padma ke bandara.

"Jadi kemungkinan nilai kontrak akan lebih besar dari nilai realisasi," katanya.

Aryana mengatakan, untuk pengerjaan paket dua yaitu apron dan taxiway, misalnya, dari nilai kontrak sebesar Rp 155,9 miliar, nilai realisasinya Rp 141,5 miliar.

Meski demikian, untuk paket satu, tiga, empat, dan lima masih belum diketahui nilai realisasinya karena saat ini masih dalam proses pengerjaan.

"Seperti paket satu nilai kontaknya Rp 286,4 miliar, tetapi saat ini sedang dalam proses konstruksi," katanya.

Sedangkan untuk paket tiga dan empat masing-masing nilai kontraknya adalah Rp 1,1 triliun dan Rp 400 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com