Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Temukan Granat Saat Buat Fondasi Rumah

Kompas.com - 16/02/2017, 19:19 WIB

MUNTOK, KOMPAS.com - Seorang warga di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menemukan granat berbentuk manggis saat menggali tanah untuk membuat fondasi rumah di Jalan Durian, Kampung Jawa, Muntok. Granat tersebut diduga merupakan barang sisa Perang Dunia (PD) II dan masih aktif.

"Sebuah benda bulat berbahan besi dengan berat sekitar dua kilogram tadi saya temukan saat menggali tanah untuk pondasi rumah," kata seorang pekerja bangunan, Sapri di Muntok, Kamis (16/2/2017).

Sesaat setelah menemukan benda tersebut, dia tidak begitu curiga karena warna dan bentuknya seperti besi karatan biasa. Bahkan, dia mengaku sempat memain-mainkannya. Namun setelah diamati, di benda tersebut terdapat sebuah cincin yang diduga sebagai pemicu.

"Saya langsung melaporkannya kepada pemilik rumah dan segera menghubungi polisi karena takut membahayakan," kata dia.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Kepolisian Resor Bangka Barat langsung menerjunkan sejumlah personel untuk mengamankan lokasi penemuan.

"Lokasi sudah kami jaga dan dipasang garing polisi, tim Jihandak Polda Babel juga sudah kami hubungi, kami perkirakan sore ini sudah bisa tertangani," kata Kapolres Bangka Barat, AKBP Hendro Kusmayadi saat ditemui di lokasi.

Jika diamati dari bentuk benda temuan itu, kata dia, diperkirakan granat manggis tersebut masih aktif karena masih ada lingkaran besi pemicu.

Dilihat dari lokasi penemuan, katanya, posisi benda tersebut di lapisan permukaan tanah dengan kedalaman tidak lebih dari satu meter.

"Kami khawatir masih ada benda sejenis di lokasi, untuk itu tim Jihandak Polda Babel nanti juga akan memastikan dan mencari kemungkinan barang lainnya dengan alat pendeteksi logam untuk memastikan masih ada atau tidak," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com