Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Cepat 3 Lembaga Survei, Calon Petahana Unggul di Pilkada Ambon

Kompas.com - 16/02/2017, 06:23 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Hasil hitung cepat tiga lembaga survei menyimpulkan bahwa calon petahana Richard Louhenapessy-Syarfi Hadler atau disingkat Paparisa unggul dalam Pemilihan Kepala Daerah Kota Ambon, Rabu (15/2/2017).

Quick count yang dilakukan oleh Konsultan Citra Indonesia (KCI) menunjukkan bahwa Richard-Syarif unggul dengan 53,43 persen suara. Adapun lawannya Paulus Kastanya-Muhamad Armin Syarif Latuconsina (Pantas) memperoleh 46,66 persen suara.

"Data yang masuk sudah seratus persen dari dari jumlah sampel sebanyak 236 TPS yang tersebar di Kota Ambon," kata peneliti KCI, Muhamad Fajar, dalam jumpa pers di Ambon, Rabu.

Adapun hitung cepat Index Indonesia menyimpulkan duet Paparisa unggul dengan 53,69 persen suara, sedangkan calon Pantas mendapat 46,31 persen suara. Jumlah data masuk yang dihitung pun telah mencapai 100 persen.

"Margin of error dalam hitung cepat ini hanya 1 persen. Jadi hasilnya tidak akan berpengaruh lagi," kata Direktur Riset Index Indonesia Andi M Akhmar.

Hasil serupa juga ditunjukkan pada hitung cepat lembaga Media Survei Strategi (MSS). Sampai pukul 22.00 WIT, data yang masuk mencapai seratus persen dan hasilnya pasangan petahana unggul 55,02 persen, sedangkan Pantas mendapat 44,98 persen.

Ketiga lembaga survei menyimpulkan bahwa mayoritas masyarakat masih menginginkan Richard mempimpin Kota Ambon untuk kedua kalinya. Selain itu, warga Kota Ambon juga menilai duet Richard-Syarif sangat berpengalaman memimpin Kota Ambon.

"Tingkat kesukaan terhadap pasangan ini juga sangat tinggi berdasarkan hasil survei sebelumnya," kata Direktur MSS Husain Marasabessy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com