Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sultan dan Keluarga Keraton Gunakan Hak Pilihnya di TPS 09

Kompas.com - 15/02/2017, 10:15 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X beserta GKR Hemas menggunakan hak pilihnya di TPS 09 Ndalem Cokronegaran, Magangan Wetan, Suryoputran, Kota Yogyakarta, Rabu (15/2/2017).

Hadir pula GKR Hayu, GKR Condrokirono, dan KPH Purbodiningrat di TPS tersebut untuk memilih wali kota dan wakil wali kota pada Pilkada Kota Yogyakarta.

Rombongan Sri Sultan HB X tiba di TPS sekitar pukul 07.00 WIB. Setelah menunggu beberapa saat, Sri Sultan menggunakan hak pilihnya di bilik suara, disusul GKR Hemas, GKR Hayu, GKR Condrokirono, dan KPH Purbodiningrat.

Total daftar pemilih tetap di TPS 09 sebanyak 589 orang. Sultan tercatat di nomor urut 292.

Seusai mencoblos, Sultan menyampaikan harapan agar masyarakat Yogyakarta dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik. "Jangan golput," kata Sultan.

Ia juga berharap agar dalam pilkada serentak, baik di Yogyakarta maupun di daerah lain, dapat bersih dari politik uang. Selain itu, Pilkada serentak dapat terlaksana dengan tertip, dan aman.

"Harapan saya berjalan dengan baik dan lancar, tidak terjadi sesuatu, yang menimbulkan keresahan di masyarakat," kata dia.

Terkait pilkada ini, universitas dan sekolah-sekolah di Yogyakarta diliburkan. Pagi tadi, jalan-jalan di Kota Yogyakarta tampak lengang dan masyarakat berbondong-bondong mendatangi TPS untuk menggunakan hak pilihnya.

Pilkada Kota Yogyakarta diikuti oleh calon Imam Priyono D Putranto dan Achmad Fadli serta Haryadi Suyuti dan Heroe Poerwadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com