Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mensos Optimistis "Indonesia Bebas Anak Jalanan" Terealisasi Tahun Ini

Kompas.com - 11/02/2017, 22:38 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

LAMONGAN, KOMPAS.comMenteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengaku optimistis bahwa program Indonesia Bebas Anak Jalanan 2017 bakal terealisasi pada akhir tahun.

“Di beberapa daerah, memang sempat on-off dalam kesungguhan melaksanakan program ini, yang sebenarnya sudah ada sejak 2015 lalu. Tapi dengan mulai dipecahnya tugas dan fungsi Dinas Sosial seperti sekarang, saya optimistis hal itu akan terwujud di akhir tahun nanti,” ucap Khofifah di sela kunjungannya di Lamongan, Jawa Timur, Sabtu (11/2/2017) sore.

Dia berharap, program tersebut juga akan mendapat dukungan penuh dari pemerintahan setempat, mulai dari tingkat provinsi, kabupaten, kecamatan, hingga perangkat desa supaya anak-anak di seluruh Indonesia bisa menikmati bangku sekolah.

“Pangkal Pinang sudah mendeklarasikan mendukung penuh program tersebut, dan terakhir kemarin Sumbawa dan saya berharap, program ini juga didukung penuh oleh kabupaten serta kota-kota lain di Indonesia dengan tujuan yang sama,” lanjut dia.

Khofifah pun menerangkan, pihaknya sudah mendeklarasikan program tersebut bersama sejumlah kepala daerah yang ada di Indonesia, dengan koordinasi dan komunikasi terus dilakukan hingga saat ini.

Sementara itu, dari catatan Kementerian Sosial pada 2015, jumlah anak jalanan di Indonesia tercatat sebanyak 33.400 jiwa yang tersebar di 16 provinsi, sedangkan anak jalanan yang mendapatkan layanan Program Kesejahteraan Sosial Anak (PKSA) hingga tahun 2016, baru mencapai 6.000 jiwa.

Dengan jumlah anak jalanan yang tertinggi, tercatat berada di DKI Jakarta dengan jumlah sebanyak 7.600 anak. Disusul Jawa Barat dan Jawa Tengah sebanyak 5.000-an anak, baru kemudian Jawa Timur dengan populasi sekitar 2.000-an anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com