Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Sewa Kios di Teras Cihampelas Gratis

Kompas.com - 09/02/2017, 09:00 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Para pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Cihampelas telah direlokasi ke Teras Cihampelas atau Skywalk Cihampelas. Di tempat baru ini, Pemerintah Kota Bandung menggratiskan biaya sewa kios bagi 192 pedagang yang direlokasi.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, Pemerintah Kota Bandung tak membebankan biaya sewa kios bagi para pedagang. Namun, mereka tetap mesti membayar biaya operasional untuk meringankan beban pemerintan dalam hal dana pemeliharaan.

"Ini harus self-sustained, artinya operasionalnya ditanggung pedagang atau asosiasinya. Ini ada komersialnya, maka dari keuntungan itu harus disisihkan uang kebersihan, listrik dan uang lainnya. Jadi Pemkot tidak keluarkan APBD lagi, tapi sediakan infrastruktur saja. Selanjutnya belajar bertanggung jawab. Segini sudah uyuhan (lumayan)," ucap pria yang kerap disapa Emil itu, beberapa waktu lalu.

KOMPAS.com/Dendi Ramdhani Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat berfoto berasama istrinya Atalia Praratya, Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial dan Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo saat berfoto usai meresmikan Teras Cihampelas, Sabtu (4/2/2017).
Hal itu pun dibenarkan oleh sejumlah pedagang. Sukma (38), salah seorang pedagang mengatakan bahwa dia hanya perlu membayar biaya kebersihan dan operasional lainnya.

"Sesuai yang dijanjikan Pak Wali Kota, gratis. Hanya bayar kebersihan, keamanan dan lainnya," ujarnya.

Keputusan itu tercetus setelah para pedagang bertemu dengan Ridwan Kamil di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Senin (30/1/2017) malam.

Tio, salah seorang perwakilan PKL Cihampelas, menuturkan, para PKL memiliki rencana mengelola operasional Skywalk secara mandiri dengan memungut iuran harian sebesar Rp 5.000 hingga Rp 7.500.

"Pengelolaan toilet pengunjung sebesar Rp 2.000 dan pedagang Rp 1.000. Tidak hanya itu, kami memiliki rencana pengelolaan skywalk untuk anggaran kebersihan juga," tuturnya.

(Baca juga: Jalan-jalan di Teras Cihampelas, Ikon Baru Kota Bandung)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com