Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyaris Celaka, Anggota TNI Cekcok dengan Pengendara Mobil

Kompas.com - 07/02/2017, 19:46 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

MEMPAWAH, KOMPAS.com - Sebuah video yang memperlihatkan seorang anggota TNI sedang memarahi seorang pengendara mobil beredar di Facebook, Selasa (7/2/2017).

Video yang diunggah pemilik akun Dona Elena Febriana Siregar tersebut mendapat respons dari netizen dengan berbagai komentar.

Peristiwa tersebut terjadi di daerah Wajok, Kecamatan Siantan Hilir, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Selasa siang. Anggota TNI AD yang diketahui bernama David tersebut bertugas di Batalyon Kavaleri 12.

Di dalam video itu, David terlihat memarahi pengendara bernama Saimin. Kaca kiri belakang dan depan mobil milik Saimin pecah. Warga juga terlihat memadati lokasi kejadian dan sempat membuat macet jalan.

Komandan Yonkav 12/BC Mayor Kav Jamian mengatakan, peristiwa tersebut terjadi karena ada kesalahpahaman antara pengendara mobil dan sepeda motor Jalan Raya Wajok Hulu. Akibatnya, sepeda motor yang dikendarai David nyaris menjadi korban kecelakaan.

"Saya apresiasi respons positif dari masyarakat dan aparat kepolisian setempat  yang turut membantu menyelesaikan kesalahpahaman tersebut," ujar Jamian, Selasa (7/2/2017) malam.

Secara pribadi, Jamian meminta maaf atas peristiwa dan ketidaknyamanan tersebut. Ia menyatakan akan memberikan pembinaan kepada David.

"Saya juga mengimbau kepada masyarakat untuk tertib berkendaraan bermotor karena jika ugal-ugalan bisa membahayakan keselamatan pengendara yang lain," ujarnya.

Perselisihan di antara keduanya berakhir damai tanpa ada tuntutan apa pun setelah ada mediasi di Mapolsek Siantan. Kesepakatan berdamai tersebut dilakukan langsung oleh Saimin dan David dengan disaksikan oleh petugas Polsek Siantan dan anggota Yonkav 12/BC di Mapolsek Siantan, Selasa sore.

Kesepakatan damai ditulis di surat pernyataan yang ditandatangani kedua belah pihak. Mereka menyepakati tidak ada tuntutan di kemudian hari.

Dalam kejadian itu, Saimin diduga berkendara dengan ugal-ugalan mengendarai mobil Toyota Avanza Putih bernomor polisi KB 1561 SL.

Saat berkendara itu, Saimin sempat hampir menyerempet sepeda motor yang dikendarai David. Keduanya satu arah dalam perjalanan menuju Pontianak.

Di Jalan Raya Wajok Hulu, David hendak mendahului mobil di depannya. Tiba-tiba Saimin dengan mobilnya turut menyalip mobil di depan David.

Karena menyalip bersamaan, David sempat panik karena dari arah berlawanan ada mobil truk.

David sedang mendahului mobil di depannya, tetapi terhambat karena adanya mobil Saimin di sebelahnya.

Sepeda motor David sempat terserempet mobil dan nyaris terjatuh, tetapi masih bisa dikendalikan.

David menghentikan mobil Saimin, tetapi tidak mendapat respons kooperatif. Akibatnya, David tersulut emosi sehingga merusak dua kaca mobil Saimin.

Tak lama kemudian, sejumlah warga dan prajurit TNI serta aparat kepolisian setempat mengamankan kejadian tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com