Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Tradisional Trenggalek Akan Disulap seperti Pasar Modern BSD

Kompas.com - 06/02/2017, 21:22 WIB
Slamet Widodo

Penulis

TRENGGALEK, KOMPAS.com – Kementerian Perdagangan akan mengucurkan dana bantuan untuk merevitaliasasi Pasar Bendorejo di Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Dana sebanyak Rp 6 miliar itu akan digunakan untuk membangun pasar tradisional dengan fasilitas modern.

"Kita coba mencari lahan dan Bapak Bupati menginginkan pasar yang di sekitar jalan nasional. Akhirnya kita pilih Pasar Bendorejo," kata Wakil Bupati Trenggalek Muhammad Nur Arifin (6/2/2017).

Arifin menyebutkan, Kementerian Perdagangan ingin membuat standardisasi pasar tradisional sehingga lebih layak dan memiliki nilai jual bagi pedagang.

Berbagai fasilitas dan kenyamanan bagi pengunjung benar-benar diperhitungkan dalam standar pasar tersebut.

"Luasan lahan sudah kami cek langsung ke lokasi, termasuk mendata seluruh semua pedagang yang ada saat ini. Selain itu, fasilitas yang ada saat ini, seperti lapak juga sarana penunjang lainnya akan kita ajukan sebagai bahan pertimbangan," kata Arifin.

Dalam program standardisasi pasar tradisional, pasar tradisional memiliki standar lapak tipe 36 atau 34 dan dapat menampung kurang lebih sekitar 500 pedagang.

Arifin menilai bahwa lokasi Pasar Bendorejo sangat strategis sebab berada di sekitar wilayah jalur nasional, jalur utama sisi selatan Pulau Jawa.

"Kelihatannya nanti akan banyak menanam peluang bagi orang baru bisa masuk ke sini (pedagang pasar). Jadi tidak akan mengurangi (atau) bahkan menggusur pedagang yang sudah ada," kata Arifin.

Arifin menyebutkan, pasar akan dibuat seperti Pasar Modern di Bumi Serpong Damai City, Kota Tangerang Selatan, yang didesain oleh Sinar Mas Land.

Pria yang kerap disapa oleh Cak Ipin itu juga mengatakan bahwa revitalisasi Pasar Bendorejo akan menjadi percontohan bila kualitasnya bagus dan terbukti mampu meningkatkan taraf penghasilan pedagang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com