Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye Anti-narkoba, Kakek 69 Tahun Jalan Kaki dari Jepara ke Jakarta

Kompas.com - 02/02/2017, 17:03 WIB
Muhamad Syahri Romdhon

Penulis

CIREBON, KOMPAS.comAgus Suwarno, seorang kakek berusia 69 tahun, berjalan kaki menuju Jakarta. Kakek enam cucu ini menempuh puluhan bahkan ratusan kilometer dari Jepara, Jawa Tengah, untuk menemui Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Budi Waseso.

Pria yang bernama lengkap Agus Suwarno itu memulai misinya sejak 23 Januari lalu, demi mengampanyekan bahaya dan maraknya peredaran narkotika. Genap sepuluh hari sudah, Agus keluar rumah dari Desa Senenan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Agus tiba di kantor BNN Kota Cirebon, Rabu (2/2/2017) siang. Dia berjalan kaki puluhan bahkan ratusan kilometer demi sebuah misi dan tujuan mulia.

Di hadapan petugas dan sejumlah awak media, dia hendak menemui Kepala BNN Budi Waseso. Dia mengungkapkan keprihatinannya terhadap peredaran narkoba yang kian marak, terutama di daerahnya, Jepara.

“Motivasi saya supaya narkoba ditangani dengan serius. Jadi tidak anget-anget kotoran ayam. Menurut saya, saat ini kurang baik. Sudah jadi rahasia umum, oknum aparatnya sendiri banyak yang terlibat,” kata dia.

Layaknya pejalan kaki pada umumnya, Agus mengenakan spanduk untuk menginformasikan apa yang sedang dilakukannya pada banyak orang. Spanduk di bagian depan bertuliskan “Dimas Kanjeng Narkoba Minggatlah Dari Nusantara, sementara bagian belakang “Narkoba Merusak Generasi Bangsa”.

Tak hanya tulisan, dia juga membawa sejumlah surat izin dari pihak RT/RW hingga desa setempat. Dengan perbekalan uang dan pakaian seadanya, Agus sudah berhasil melewati sejumlah daerah selama sepuluh hari.

“Nanti kalau ketemu Pak Budi Waseso, saya minta di daerah-daerah diperhatikan lagi supaya punya kantor sendiri, dan menangani narkoba dengan serius. Terutama Jepara, yang tidak punya sama sekali kantor BNN,” harapnya.

Kepala BNN Kota Cirebon, Yayat Sosyana, mengaku sangat kagum dan bangga terhadap keprihatinan dan semangat Agus Suwarno. Dia berharap upaya pemberantasan narkoba tidak hanya dari pemerintah, melainkan dari rakyat dengan beragam cara.

“Saya salut dan kagum dengan beliau (Agus Suwarno). Dia membuktikan bahwa peran memerangi narkoba tak hanya para petugas, melainkan seluruh masyarakat. Masyarakat berperan aktif, narkoba akan lenyap. Tentu dengan cara masing-masing,” kata Yayat.

Agus memutuskan jalan kaki menuju jakarta demi membela dan menyelamatkan generasi bangsa dari bahaya narkoba.

(Baca juga: BNN Duga Jaringan Pakistan yang Ditangkap di Jepara Beroperasi sejak 2012)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com