Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beruang Madu Setinggi 2 Meter Mengamuk di Tiga Desa di Bengkulu

Kompas.com - 31/01/2017, 17:08 WIB
Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Beruang madu liar setinggi dua meter mengamuk di tiga desa di Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, dalam beberapa hari terakhir.

Beruang yang diduga mengamuk karena lapar itu mengacak-acak tiga desa, yaitu Desa Sido Mulyo, Desa Napal dan Desa Tais, Kecamatan Pasar Seluma, Kabupaten Seluma.

Beberapa warga bercerita, beruang berukuran besar dan ganas itu keluar masuk desa merusak tanaman warga dan pekarangan rumah.

"Dia mengamuk sepertinya kelaparan karena hutan asalnya sudah rusak oleh peladang berpindah," kata Sepriandi, warga setempat, Selasa (31/1/2017).

Beruang betina itu mendatangi perkampungan siang dan malam hari. Beruang tersebut beberapa kali dihalau warga ke arah Taman Buru Semidang Bukti Kabu, tempat beruang berasal. Namun, dia kerap kembali mendatangi permukiman penduduk.

Kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu, Abu Bakar, mengatakan, saat ini, tim BKSDA telah berada di lokasi untuk melakukan evakuasi terhadap beruang dengan cara memasang ranjau.

"Tim bersiaga di lokasi guna memantau kondisi di tiga desa tersebut, Jika tertangkap, kami akan evakuasi ke lokasi yang lebih aman," kata Abu Bakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com