Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Terluka Parah, 2 Tersangka Begal Tewas Dikeroyok

Kompas.com - 30/01/2017, 16:16 WIB

SIDOARJO, KOMPAS — Dua pemuda tersangka pelaku perampasan sepeda motor di jalan dengan kekerasan alias begal di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, tewas dikeroyok warga setelah gagal beraksi, Minggu (29/1/2017). Namun, dua terduga pelaku lainnya bisa melarikan diri. Polisi masih memburu mereka.

Tersangka pelaku yang tewas adalah Herman (26), warga Desa Kedung Banteng, Kabupaten Pasuruan, Jatim. Satu tersangka lain belum diketahui identitasnya.

Kepala Polsek Jabon, Sidoarjo, Ajun Komisaris Subadri mengatakan, perampasan sepeda motor dengan kekerasan itu terjadi Minggu sekitar pukul 04.00 di Jalan Desa Kedung Pandan, Kecamatan Jabon, Sidoarjo.

Misnan (48), warga setempat, menjadi korban saat sedang mengendarai sepeda motor dalam perjalanan pulang setelah mengantarkan anaknya bekerja di pabrik di Beji, Pasuruan.

Ketika melintas, tiba-tiba tangan kanan korban dibacok oleh salah seorang pelaku perampasan. Akibatnya, Misnan terjatuh dari sepeda motornya. Korban pun berteriak meminta tolong. Teriakannya itu didengar warga dan mereka langsung mengejar pelaku.

Massa mencegat pelaku yang berupaya melarikan diri. Mereka menghadang dari berbagai arah hingga berhasil mengepung pelaku. Sejumlah warga menggunakan potongan bambu menjatuhkan sepeda motor pelaku.

Setelah terjatuh dari sepeda motor, dua tersangka pelaku yang berboncengan dipukuli warga. Warga tak bisa menahan emosi melihat korban Misnan yang terluka parah akibat ulah pelaku. Massa juga membakar sepeda motor pelaku hingga hangus dan tinggal rangka.

Korban Misnan yang terluka parah akibat sabetan senjata tajam dibawa ke RSUD Kabupaten Pasuruan di Bangil. Namun, korban akhirnya dirujuk ke RSUD dr Soetomo di Surabaya untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Menyesalkan

Kepala Polresta Sidoarjo Komisaris Besar Muhammad Anwar Nasir menyesalkan perbuatan main hakim sendiri yang dilakukan massa. Seharusnya pelaku diamankan dan diserahkan kepada polisi untuk penyidikan lebih lanjut.

”Polresta Sidoarjo sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait penanganan pelaku kejahatan jalanan. Polisi akan memberikan penghargaan kepada warga yang menangkap pelaku kejahatan,” kata Anwar.

Namun, Anwar juga mengecam keras tindakan pelaku perampasan dengan kekerasan yang melukai korban secara sadis. Polisi akan terus mengejar komplotan pelaku dan menghukum berat mereka agar tak meresahkan warga. (NIK)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 30 Januari 2017, di halaman 15 dengan judul "2 Tersangka Begal Tewas Dikeroyok".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com