Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menaker Sebut Ada 74.000 Tenaga Kerja Asing di Indonesia

Kompas.com - 29/01/2017, 18:38 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Menteri Ketenagakerjaan Muhammad Hanif Dhakiri mengatakan, saat ini ada 74.000 tenaga kerja asing di Indonesia. Dari jumlah tersebut, sebanyak 21.000 di antaranya berasal dari China.

Hanif mengatakan, jumlah tenaga kerja asing di Indonesia masih terkendali. Ia membandingkan dengan jumlah warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri yang jumlahnya lebih banyak.

"Seperti di Malaysia, ada 2 juta orang (WNI), di China ada 153.000 orang, dan Taiwan ada sekitar 200.000 orang. Termasuk di Makau sebanyak 16.000 orang," kata Hanif saat berkunjung ke Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (28/1/2017).

Oleh sebab itu, Hanif mengatakan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir soal isu maraknya tenaga kerja asing asal China yang masuk ke Indonesia. "Percaya saja pada pemerintah," kata dia.

Terkait informasi adanya pekerja asal China di Sulawesi yang bertransaksi dengan mata uang yuan, Hanif mengatakan bahwa hal itu sama dengan ketika WNI menggunakan rupiah untuk transaksi di Mekkah saat musim haji.

"Di Mekkah juga ada yang bertransaksi dengan rupiah. Intinya adalah selama legal dan tidak melanggar aturan, ya tidak masalah. Tapi jika ilegal dan melanggar peraturan, pasti akan kami tindak tegas," kata dia.

Ia memastikan bahwa pemerintah Indonesia tetap memprioritaskan tenaga kerja dari dalam negeri untuk bekerja di negaranya sendiri.

Ia juga meminta agar masyarakat tidak begitu saja percaya dan terprovokasi oleh berita yang beredar di media sosial yang berkaitan dengan tenaga kerja asing.

"Harus tabayun lebih dahulu. Sejak saya menjabat menteri, sudah tiga kali diserang isu yang berkaitan dengan tenaga kerja asing," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com