Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor Tutup Ruas Jalan Tomohon-Manado

Kompas.com - 27/01/2017, 13:03 WIB

TOMOHON, KOMPAS.com - Material batu, tanah dan bambu masih menutupi akses jalan utama dari arah Tomohon menuju pusat pemerintahan Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut) di titik Tambulinas, Kelurahan Tinoor, Jumat (27/1/2017).

"Kira-kira material longsor yang menutupi badan jalan sepanjang 40 meter. Pekerjaan pembersihan agak kesulitan karena banyak material batu yang berukuran besar," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tomohon Robby Kalangi di Tomohon.

Saat ini, kata dia, proses pembersihan material longsor yang menutupi badan jalan sejak Kamis (26/1/2017) sore masih berlangsung dan menunggu mobilisasi dua kendaraan alat berat ekskavator.

"Dua alat berat masih sementara melakukan pembersihan, jadi nanti ada empat alat berat buldozer dan ekskavator yang melakukan pembersihan," katanya.

Mantan camat Tomohon Selatan itu melanjutkan, proses pembersihan material longsoran kerap dihentikan karena sering terjadi longsor susulan.

"Memang agak rawan terjadi longsor susulan karena kontur tanah sekitar lokasi longsor tinggi dan cukup miring," katanya.

Menurut dia, sekitar 50 personel dari balai pelaksana jalan, BPBD Tomohon, aparat TNI-Polri, jajaran lainnya dan masyarakat ikut membantu pembersihan jalan nasional itu.

"Mudah-mudahan tidak ada kendala serius selama proses pembersihan lokasi longsor ini. Tambahan peralatan berat jenis eskavator dengan personil diharapkan bisa membuka ruas jalan ini," ujarnya.

Hingga saat ini, kendaraan yang datang dari arah Tomohon dan Manado masih menggunakan jalur alternatif yang melintasi permukiman dan perkebunan Kelurahan Tinoor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com