Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanah Gerak Terjang Purworejo-Pacitan, Empat Rumah Rusak

Kompas.com - 26/01/2017, 05:20 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

PACITAN, KOMPAS.com - Bencana tanah gerak menerjang Desa Purworejo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, setelah hujan deras mengguyur di wilayah itu dalam dua pekan terakhir. Akibat bencana itu, empat rumah warga setempat dilaporkan rusak.

"Meski rusak rumahnya masih bisa dihuni pemiliknya," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pacitan Pujono Rabu (25/1/2017) sore.

Menurut Pujono, total rumah yang terdampak akibat bencana tanah gerak sebanyak 15 rumah. Awalnya, rumah yang terdampak bencana itu hanya enam.

"Intensitas hujan yang tinggi menjadikan jumlah rumah yang terdampak menjadi 15 rumah," kata Pujono.

Tanah gerak yang menimpa rumah warga mengakibatkan tanah ambles hingga mencapai kedalaman 10 sentimeter.

Untuk itu, warga yang terdampak tanah gerak disarankan agar waspada saat hujan deras mengguyur wilayahnya masing-masing.

Menurut Pujono, dampak tanda-tanda tanah gerak sudah terlihat sejak awal bulan lalu. Namun, dampaknya baru menimpa rumah warga dalam dua pekan terakhir.

"Semakin intensitas hujan tinggi maka rekahan tanahnya semakin lebar," kata Pujono.

Ia mengimbau agar warga terdampak tanah gerak segera menutup atau menambal dengan tanah bila melihat patahan dan rekahan. Penutupan sedini mungkin akan menghambat pelebaran rekahan tanah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com