Sulami, Penderita Penyakit Langka Sendi Tulang Belakang Dibawa ke Solo

Kompas.com - 25/01/2017, 12:41 WIB
Sulami saat berada di rumah sakit di Sragen, Selasa (24/1/2017) Kontributor Surakarta, M WismabrataSulami saat berada di rumah sakit di Sragen, Selasa (24/1/2017)
|
EditorCaroline Damanik

SOLO, KOMPAS.com - Sulami, penderita Ankylosing Spondylitis atau penyakit radang sendi tulang belakang dibawa ke RS Muwardi Solo, Jawa Tengah. Perempuan berusia 34 tahun asal Selorejo, Kecamatan Kedawung, Sragen, tersebut akan menjalani pemeriksaan secara intensif.

Tukimin, paman Sulami, membenarkan bahwa pada hari ini, Sulami sudah berada di RSUD Muwardi untuk menjalani pemeriksaan intesif terkait penyakit yang dideritanya.

"Ini sudah masuk ke rumah sakit dan sedang diperiksa oleh dokter. Dan tadi dijelaskan bahwa Sulami harus rawat inap dan tidak diperbolehkan pulang hari ini,"kata Tukimin, hari Rabu (25/1/2017).

Sebelumnya, Sulami sempat dirawat di RSUD dr Soehadi Prijonegoro, Sragen, namun karena keterbatasan fasilitas, tim dokter sepakat untuk merujuk ke rumah sakit di Solo. Hal tersebut disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan Sragen, dr Hargiyanto.


"Setelah dirembug dan agar Sulami mendapat perawatan lebih maksimal, maka akan dirujuk ke rumah sakit di Solo. Tim dokter dari Sragen masih akan mendampingi Sulami," katanya.

Hargiyanto menjelaskan, pembiayaan perawatan Sulami akan ditanggung oleh BPJS.

Saat berumur sekitar 10 tahun, Sulami sudah merasakan benjolan di kepala bagian belakang dan sakit di sekujur tubuh. Setelah itu, perlahan, tangan dan kakinya sulit untuk digerakkan.

Menurut Hargiyanto, penyakit Ankylosing Spondylitis merupakan penyakit kronis yang menyebabkan peradangan pada sendi tulang belakang dan membuat tulang-tulang belakang menyatu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X