Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulami, Penderita Penyakit Langka Sendi Tulang Belakang Dibawa ke Solo

Kompas.com - 25/01/2017, 12:41 WIB
Kontributor Surakarta, Michael Hangga Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Sulami, penderita Ankylosing Spondylitis atau penyakit radang sendi tulang belakang dibawa ke RS Muwardi Solo, Jawa Tengah. Perempuan berusia 34 tahun asal Selorejo, Kecamatan Kedawung, Sragen, tersebut akan menjalani pemeriksaan secara intensif.

Tukimin, paman Sulami, membenarkan bahwa pada hari ini, Sulami sudah berada di RSUD Muwardi untuk menjalani pemeriksaan intesif terkait penyakit yang dideritanya.

"Ini sudah masuk ke rumah sakit dan sedang diperiksa oleh dokter. Dan tadi dijelaskan bahwa Sulami harus rawat inap dan tidak diperbolehkan pulang hari ini,"kata Tukimin, hari Rabu (25/1/2017).

Sebelumnya, Sulami sempat dirawat di RSUD dr Soehadi Prijonegoro, Sragen, namun karena keterbatasan fasilitas, tim dokter sepakat untuk merujuk ke rumah sakit di Solo. Hal tersebut disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan Sragen, dr Hargiyanto.

"Setelah dirembug dan agar Sulami mendapat perawatan lebih maksimal, maka akan dirujuk ke rumah sakit di Solo. Tim dokter dari Sragen masih akan mendampingi Sulami," katanya.

Hargiyanto menjelaskan, pembiayaan perawatan Sulami akan ditanggung oleh BPJS.

Saat berumur sekitar 10 tahun, Sulami sudah merasakan benjolan di kepala bagian belakang dan sakit di sekujur tubuh. Setelah itu, perlahan, tangan dan kakinya sulit untuk digerakkan.

Menurut Hargiyanto, penyakit Ankylosing Spondylitis merupakan penyakit kronis yang menyebabkan peradangan pada sendi tulang belakang dan membuat tulang-tulang belakang menyatu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com