Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UII Periksa Kesehatan 34 Peserta Diksar, 5 Mahasiswa Rawat Inap

Kompas.com - 24/01/2017, 19:38 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

SLEMAN,KOMPAS.com - Universitas Islam Indonesia (UII) melakukan pengecekan kesehatan terhadap 34 mahasiswa peserta Great Camping di Rumah Sakit Jogja International Hospital (JIH). Dari 34 mahasiswa terdapat 5 mahasiswa yang dirawat inap di JIH.

"Saat ini prioritas utama UII adalah pemulihan kesehatan 34 mahasiswa peserta diksar Great Camping," ujar Rektor UII, Harsoyo dalam jumpa pers, Selasa (24/01/2017).

Menurut dia, langkah tersebut untuk memastikan para peserta diksar dalam kondisi baik. Namun, saat ini ada 5 mahasiswa yang dirawat inap di JIH.

"Itu keinginan mereka sendiri untuk di observasi kesehatannya," ucapnya.

Prioritas kedua, lanjutnya adalah pendampingan dan komunikasi dengan seluruh peserta maupun keluarga, terutama keluarga almarhum Syaits Asyam dan almarhum Ilham Nurfadmi Listia Adi.

Hal itu agar keluarga korban mengetahui perkembangan masalah ini. "Salah satu pendampingan sudah dilakukan kepada keluarga almarhum Ilham Nurfadmi Listia Adi baik dalam proses pelaporan kepolisi, otopsi hingga pengurusan jenazah ke tujuan," katanya.

Saat ini lanjut dia, UII sedang menyusun laporan yang akan disampaikan kepada pihak -pihak berkepentingan, seperti Kopertis Wilayah V dan Ombudsman Republik Indonesia perwakilan DIY.

"UII juga sudah berkomunikasi dengan pihak kepolisian dalam rangka kelancaran penyidikan insiden ini dari sisi hukum," sebutnya.

Ia mengungkapkan, berdasar pengakuan peserta saat ditemui tim investigasi saat pemeriksaan kesehatan di JIH, memang ada indikasi kekerasan di kegiatan GC. Namun demikian pihaknya masih melakukan pendalaman lebih mendalam.

"Dari laporan itu, UII terus melakukan pendalaman untuk mengetahui secara lebih detail bentuk kekerasan yang terjadi," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Tiga mahasiswa UII peserta Diksar Great Camping (GC) Mapala UII meninggal dunia. Tiga mahasiswa ini yakni Muhammad Fadhli, mahasiswa Teknik Elektro, Syaits Asyam mahasiswa Teknik Industri dan Ilham Nurfadmi Listia Adi (20) mahasiswa jurusan Hukum Internasional. Ketiga mahasiswa yang meninggal merupakan mahasiswa angkatan 2015.

Baca: Sebelum Meninggal, Mahasiswa UII Mengaku Dipukuli Saat Diksar Mapala

Kompas TV Usai Ikut Kegiatan Mapala, 3 Mahasiswa UII Tewas
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com