Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operasi Pasar Bulog di Banyuwangi Habiskan Cabai 100 Kg Per Hari

Kompas.com - 24/01/2017, 10:13 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menggelar operasi pasar di delapan tempat.

Salah satu kebutuhan yang djual adalah cabai yang saat ini harganya mencapai Rp 100.000 per kilogram. Dalam satu hari, operasi pasar tersebut menjual 100 kilogram cabai.

"Jika nanti kebutuhannya semakin banyak dan harganya semakin tinggi maka akan kita naikkan sampai 200 kilogram per hari," kata Kepala Perum Bulog Sub Drive Wilayah IX Banyuwangi Guna Dharma Nugrahwan kepada Kompas.com, Selasa (24/1/2017).

Menurut dia, stok cabai milik Bulog didapatkan dari petani cabai di Wongsorejo. Jumlahnya mencapai 900 kilogram sejak operasi pasar digelar pada akhir Desember 2016. Sisanya berasal dari Malang dan Situbondo.

"Total mulai Desember sampai Januari ini cabai yang terjual dioperasi pasar sebanyak 1,7 ton dan sebagian besar dari Kecamatan Wongsorejo, termasuk juga dari Situbondo dan Malang," kata Guna.

Ia menyatakan bahwa stok cabai tersebut langsung diambil dari petani yang menyetor ke Bulog dan tidak melewati tengkulak.

Selain menjual cabai, Bulog juga telah menjual beras premium sebanyak 150 ton pada operasi pasar tersebut. Operasi pasar akan diadakan tanpa batas waktu hingga harga di pasaran stabil.

"Ada 8 titik operasi pasar. Yang lima titik tetap di gudang Bulog yang ada di Genteng, Lemahbang, Wonosobo, dan Ketapang," kata Guna.

Adapun dua titik mobil di pasar-pasar mulai pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB dan dilanjutkan keliling di kawasan padat penduduk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com