Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Mahasiswa Meninggal, UII Stop Sementara Semua Kegiatan "Outdoor"

Kompas.com - 24/01/2017, 05:09 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

SLEMAN, KOMPAS.com - Setelah dua mahasiswa meninggal dunia seusai mengikuti Great Camping, Universitas Islam Indonesia (UII) menghentikan sementara semua kegiatan luar ruang kemahasiswaan.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UII Abdul Jalil mengatakan, UII memiliki aturan disiplin kemahasiswaan, yang salah satunya semua kegiatan tidak boleh ada kekerasan.

"Kami sudah mengambil langkah preventif, semua kegiatan yang outdoor atau di luar UII untuk saat ini ditangguhkan sementara," kata Abdul Jalil dalam jumpa pers, Senin (23/1/2017).

Penghentian sementara ini berlaku hingga ada hasil investigasi dan evaluasi terkait kasus ini. Penghentian sementara berlaku untuk semua kegiatan luar ruang, termasuk Great Camping.

Ia mengatakan bahwa Great Camping sudah berjalan selama 37 tahun dan sebelumnya tidak pernah ada masalah.

(Baca juga Dua Mahasiswa UII Tewas Usai Mengikuti Pendidikan Dasar Mapala )

"Kenapa sekarang ada masalah ? Ini baru kita pelajari, kita evaluasi untuk menemukan jalan yang terbaik," kata dia.

Jika terbukti ada pelanggaran berat dalam kasus kematian dua mahasiswa tersebut, UII akan memberikan sanksi terberat, yakni dikeluarkan secara tidak hormat.

Di tempat yang sama, alumnus Mapala UII, Achiel Suyanto, mengatakan bahwa selama ini di Mapala UII tidak pernah ada kekerasan kepada anggotanya.

Semua proses kegiatan mulai dari Great Camping (GC), Seniority Camping, hingga Trainer for Trainer tidak menggunakan mekanisme kekerasan.

"Saya alumnus GC pertama. Saya katakan, tidak pernah ada kekerasan sama sekali. Di dalam kurikulum organisasi tidak ada seperti itu (kekerasan)," kata dia.

Kalaupun ada pendisiplinan berupa aktivitas fisik, kata Achiel, wujudnya hanya push up atau lari keliling.

Ia menyatakan akan obyektif dalam menangani dan melakukan investigasi peristiwa ini. Jika ada yang keliru atau menyimpang dari standar prosedur operasional, tim investigasi akan secara terbuka menyampaikan.

Dua mahasiswa UII angkatan 2015 meninggal dunia seusai mengikuti Great Camping, yakni kegiatan rutin Pendidikan Dasar Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) UII.

Tahun ini acara tersebut dilakukan di Gunung Lawu, Lereng Selatan, Tawangmangu, pada 13-20 Januari 2017.

Kedua mahasiswa yang meninggal itu adalah Muhammad Fadhli dari Teknik Elektro dan Syaits Asyam dari Teknik Industri. Syaits Asyam meninggal dunia pada Sabtu (21/1/2017) setelah sempat mendapat perawatan di RS Bethesda Yogyakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com