Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Imlek, Grup Wayang Potehi Banjir Order

Kompas.com - 23/01/2017, 18:17 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Grup kesenian Wayang Potehi banjir pesanan manggung atau orderan jelang hari raya Imlek 2017. Salah satunya grup wayang Potehi Lima Merpati asal Surabaya.

Terhitung sejak dua hari sebelum hari raya Imlek yang jatuh pada 28 Januari nanti, grup wayang yang bermarkas di Klenteng Hong Tek Hian, jalan Dukuh Surabaya itu menghentikan pertunjukan rutinnya setiap hari.

"Dua hari sebelum Imlek sudah dipesan manggung di luar kota, sampe akhir Januari," kata Sukarmudjiono, Koordinator grup wayang Potehi Lima Merpati, Senin (23/1/2017).

Selain di Jakarta, tahun ini grupnya juga akan manggung di Bandung dan Bogor.

Grup wayang Potehi Lima Merpati punya alat dan panggung sendiri untuk dibawa bermain di luar klenteng. Di Klenteng Hong Tek Hian, grup ini memiliki panggung permanen.

Tarif manggung saat momentum Imlek kata Sukarmudjiono juga berbeda. "Manggung saat Imlek di luar klenteng bisa Rp 5 juta, itu belum transportasi dan akomodasi," katanya.

Grupnya punya cerita andalan yang akan ditampilkan saat Imlek. Seperti Sie Djien Kwi atau cerita tentang kepahlawanan kerajaan dinasti Tong Tiauw, kerajaan dinasti Song Tiaw, hingga cerita populer Raja Kera Sakti, Sun Go Kong. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com