Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Tangki Terbalik, Tumpahan Bahan Kimia Cemari Rumah Warga

Kompas.com - 21/01/2017, 09:51 WIB
Amriza Nursatria

Penulis

INDRALAYA, KOMPAS.com - Sebuah kendaraan truk tangki penuh muatan bahan kimia cair untuk bahan pencampur pembuatan kertas, terbalik di jalan lintas timur Palembang-Ogan Ilir Sabtu (21/1/2017) sekitar pukul 04.00 WIB pagi.

Akibat kejadian itu belasan ton bahan kimia cair tumpah di jalan dan masuk ke halaman rumah warga.

Kapolpos Lalu Lintas Simpang Timbangn Indralaya Aiptu Yanto Indawan mengatakan, truk penuh muatan bahan kimia itu melaju dari arah Lampung menuju Palembang. Tiba di Desa Sakatiga Seberang Kecamatan Indralaya truk oleng dan terguling setelah ban sebelah kiri jatuh ke badan jalan.

"Diduga sopir mengantuk, saat ini kita sedang mengatur lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan,” katanya.

Dari pantauan Kompas. com, asap masih mengepul dari tumpahan bahan kimia yang tumpah.

Warga sekitar yang berdatangan mencoba menujukkan tumpahan bahan kimia berwarna coklat itu. Menurut warga, bahan kimia yang pada tangki truk yang terbalik tertulis “HIDROGEN PEROKSIDA’ itu itu  membuat mata perih dan tubuh terasa gatal, padahal belum menyentuh cairan itu.

Selain itu dari tumpahan cairan bahan kimia itu muncul gelembung-gelembung seperti air mendidih di tanah yang ditumpahi.

Tidak korban jiwa dalam kecelakaan itu namun warga khawatir tumpahan bahan ikmia itu berdampak buruk pada mereka terutama anak-anak.

Untuk itu warga mendesak pihak yang bertanggungjawab segera datang dan membersihkan cairan bahan kimia yang menggenangi halaman rumah mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com