Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikirim Via Ekspedisi, Ratusan Detonator Diamankan Petugas Bandara Makassar

Kompas.com - 18/01/2017, 05:24 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Petugas Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar menemukan ratusan detonator atau alat pemicu peledak di terminal kargo yang hendak dikirim ke Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (17/1/2017) sekitar pukul 15.33 Wita.

Humas Angkasa Pura 1 Makassar, Turah Aji yang dikonfirmasi mengatakan, 100 detonator yang dikemas dalam 3 kardus terdeteksi saat melalui alat X Ray Regulatet Agen Angkasa Pura Logistik.

Detonator tersebut dikirim Ayung dari Kabupaten Luwu, Sulsel yang ditujukan kepada Udin di J Husin Hamzan, no 6 PAL 5, Pontianak, Kalimantan Barat.

"Ratusan detonator itu dikirim melalui jasa pengiriman barang Tiki di wilayah Belopa, Luwu. Dari Luwu kemudian ke Tiki Jl Boulevard Makassar lalu ke Cargo Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar," katanya.

Setelah ditemukannya salah satu rangkaian bom itu, lanjut Turah, pihaknya langsung berkoordinasi dengan tim Gegana Polda Sulsel untuk pengamanan barang bukti.

Selain itu juga, aparat kepolisian dan petugas Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar mengumpulkan saksi dan berkoordinasi dengan perusahaan pengiriman barang Tiki untuk proses lebih lanjut.

GM Angkasa Pura Logistik Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Merphin Butar-butar menambahkan, pihaknya banyak menemukan benda-benda terlarang yanng dikirim melalui peruasaan ekspedisi.

"Kami berharap agar para EMPU dan akspedisi juga turut waspada terhadap barang kiriman dan melakukan pengecekan. Yang paling penting identitas serta domisili pengirim seperti KTP harus diminta dari pengirim barang, supaya apabila ditemukan barang-barang seperti ini. Pihak kepolisian bisa cepat menemukan sumber barang-barang tersebut," tuturnya.

Merphin mengatakan, banyaknya temuan barang terlarang tersebut menjadi bukti pentingnya Regulated Agent (RA) di bandara. Dimana RA ini tidak bisa ditunjuk sembarangan.

"RA yang dioperasikan APLog Makassar sangat serius didalam melaksanakan pemeriksaan kargo dan pos. Peralatan dan personil Avsec kami sangat ketat dalam melakukan pemeriksaan barang terutama yang berjenis explosive dan dangerous goods lainnya, tersebut," sebutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com